Agribisnis
Nov11

Pengertian Agribisnis, Menurut para ahli agribisnis!!

0 komentar

Pengertian Agribisnis, Ini Menurut para ahli agribisnis !!

Sahabat Nuansatani.com Pengertian Agribisnis, Menurut asal muasalnya kata Agribisnis berangkat dari kata  Agribusiness, dimana :

  • Agri=Agriculture  artinya pertanian dan
  • Business berarti usaha atau kegiatan yang berorientasi profit.

Jadi secara sederhana  Agribisnis (agribusiness) adalah usaha atau kegiatan pertanian serta apapun yang terkait dengan pertanian  berorientasi profit.

Istilah “agribusiness” untuk pertama kali dikenal oleh masyarakat  Amerika Serikat  pada tahun 1955,

Pengertian Agribisnis

Pengertian Agribisnis (Picture By : employeehandbooks911.)

ketika John H. Davis menggunakan istilah tersebut dalam  makalahnya yang disampakan pada “Boston Conference on Disiribution”.

Kemudian John H.  Davis dan Ray Goldberg kembali lebih memasyarakatkan agribisnis melalui buku mereka yang berjudul “A Conception of Agribusiness” yang terbit tahun 1957 di Harvard University. Ketika itu kedua penulis bekerja sebagai guru besar pada Universitas tersebut.

Tahun 1957, itulah dianggap oleh para pakar sebagai tahun kelahiran dari konsep agribisnis.

Dalam buku tersebut, Davis dan Golberg mendefinisikan agribisnis sebagai berikut:

 The sum total of all operation involved in the manufacture and distribution of farm supplies: Production operation on farm: and the storage, processing and distribution of farm commodities and items made from them.

Berikut pengertian agribisnis sebagai suatu sistem  menurut beberapa ahli :

Arsyad dan kawan-kawan menyatakan Agribisnis adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

Pertanian dalam arti luas adalah kegitan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatn pertanian.

Paul Roy memandang agribisnis sebagai suatu proses koordinasi berbagai sub-sistem.

Koordinasi merupakan fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sub-sistem menjadi sebuah sistem.

Wibowo mengartikan  agribisnis mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain.

Agribisnis adalah kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan  dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan  keluaran produksi (agroindustri), pemasaran masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan. Yang dimaksud dengan berhubungan adalah kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan  usaha yang ditunjang  oleh kegiatan pertanian.  (Downey and Erickson. 1987)

Pengertian Agribisnis menurut Cramer and Jensen Agribisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertaniandan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/konsumen.

Pengertian agribisnis menurut Wikipedia adalah Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

Pengertian Agribisnis menurut Austin: Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usahatani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat-seratan kepada konsumen.

Agribisnis dari cara pandang ekonomi ialah  usaha penyediaan pangan.

Pendekatan analisis makro memandang agribisnis sebagai unit sistem industri dan suatu komoditas tertentu, yang membentuk sektor ekonomi secara regional atau nasional.

Sedangkan pendekatan analisis mikro memandang agribisnis sebagai suatu unit perusahaan yang bergerak.

baik dalam salah satu subsistem agribisnis, baik hanya satu atau lebih subsistem dalam satu lini komodias atau lebih dari satu lini komoditas.

Sebagai subjek akademik.

Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

Pengertian Agribisnis

Pengertian Agribisnis ( Picture By : Youthmanual)

Dengan definisi ini dapat diturunkan Ruang Lingkup Agribisnis yang mencakup semua kegiatan pertanian diantaranya :

  • Pengadaan penyaluran sarana produksi (the manufacture and distribution of farm supplies)
  • Produksi usaha tani     (Production on the farm) dan
  • Pemasaran  (marketing) produk usaha tani ataupun olahannya.

Ketiga kegiatan ini mempunyai hubungan yang erat, sehingga gangguan pada salah satu kegiatan akan berpengaruh terhadap kelancaran seluruh kegiatan dalam bisnis.

Karenanya agribisnis digambarkan sebagai satu sistem yang terdiri dari tiga subsistem, serta tambahan satu subsistem lembaga penunjang.

Baca Juga : Subsistem Agribisnis, Apa saja? Ini Penjelasan Lengkapnya!!

Sekian Catatan Nuasatani.com Kali ini, Pengertian Agribisnis, Ini pengertian selengkapnya Menurut para ahli agribisnis !! semoga bermanfaat!!!

REFERENSI

Departemen Pertanian. 2001. Pembangunan Sistem agribisnis Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional. Edisi Pertama. Jakarta.

Downey, W.D., dan S.P. Erickson. 1992. Manajemen Agribisnis. Ed. Ke-2, Cet. Ke-3. R. Ganda.S. dan A. Sirait, Penerjemah. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari: Agribusiness Management

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Gumbira-Sa’id, E. dan A. Haritz Intan. 2004. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia.

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Pengertian Agribisnis, Menurut para ahli agribisnis!!"

Tinggalkan pesan "Pengertian Agribisnis, Menurut para ahli agribisnis!!"