Peternakan
Nov15

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!

0 komentar

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!

Sahabat NuansaTani.Com memiliki hewan peliharaan seringkali menjadi penghilang stres di kala penat dan sibuk dengan pekerjaan, salah satunya dengan memelihara hewan yang lucu seperti landak mini.

Landak mini atau hedgehog adalah hewan peliharaan yang cocok bagi orang yang berdedikasi dan sabar.

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !! (Picture by : Khalodoc.com )

Persilangan dari 2 spesies liar Afrika, yaitu African Pygmy Hedgehog, merupakan jenis landak mini yang dikenal ramah, cerdas, dan menyenangkan bagi pemilik yang bersedia merawatnya dengan penuh dedikasi.

Ada beberapa jenis landak mini diantaranya :

  • Landak Mini Pinto, Rp150 – Rp300 ribu
  • Landak Mini Salt and Pepper, Rp175 – Rp300 ribu
  • Landak Mini Charcoal, Rp175 – Rp300 ribu
  • Landak Mini Albino, Rp175 – Rp600 ribu

Selain jenis landak mini yang telah disebutkan, masih ada jenis lainnya. Ada landak mini silver, apricot, champagne, oak brown, platinum, dan platinum.

Tempat jual landak mini yang terjamin biasanya adalah pet shop. Namun, kamu juga bisa membeli landak mini dari peternak.

Berikut cara merawat landak mini :

Kenali karakteristik Landak Mini

Landak mini dewasa umumnya memiliki ukuran sebesar genggaman tangan orang dewasa dengan panjang 10-30 cm dan bobot 155-1.584 gram. Umur landak mini rata-rata sekitar 5 tahun.

Di habitat aslinya, landak mini cenderung hewan soliter yang menghabiskan sekitar 18 jam untuk tidur. Maka tak mengherankan apabila banyak orang bertanya, “Kenapa landak mini tidur terus?”.

Landak mini aktif pada malam hari atau nocturnal, selain itu landak mini memiliki sekitar 6.000 duri pada tubuhnya. Walaupun begitu karakteristik durinya tidak terlalu tajam dan tidak beracun.

Cara menjinakkan landak mini yang baru diadopsi pun sebenarnya cenderung mudah. Biasakan landak mini mengenali bau tubuh kamu lewat genggaman tangan dan berikan camilan saat bermain.

Lakukan langkah-langkah tersebut hingga kamu dan landak mini benar-benar merasa nyaman saat berinteraksi satu sama lain.

Persiapan Kandang

Hal yang paling utama dalam menyiapkan kendang untuk memelihara landak mini adalah kendang yang nyaman, pastikan ukuran kendang cukup besar agar landak mini dapat bergerak dengan bebas.

Pilihan yang paling minim untuk ukuran kendang landak mini adalah dengan panjang 120 cm dan lebar 60 cm. Idealnya, semakin besar kandangnya akan semakin baik untuk kelangsungan hidupnya. Kandang yang lebih luas dapat memberikan ruang yang lebih besar agar dapat berlarian.

Anda lebih disarankan untuk membeli kandang yang terbuat dari plastik dan logam yang bisa didapatkan di beberapa toko perlengkapan hewan. Selain itu solusi lainnya adalah Anda dapat menempatkan landak pada aquarium kaca.

Sebagai alas berikan alas berupa serbuk kayu.

Sebagai tempatnya untuk beristirahat, kamu bisa memberikan kain lembut yang diletakkan dalam hiding box landak mini yang bisa dibuat sendiri atau dibeli di pet shop.

Sediakan pula kebutuhan esensial lain, seperti wadah makanan, botol minum, dan mainan untuk tempat bermain sekaligus mencegah landak mini stres.

Pastikan kondisi kandang aman sehingga landak mini tidak mudah kabur. Lalu suhu ruangan yang direkomendasikan untuk landak mini berkisar antara 22,2-26,6 derajat Celcius.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kandang dengan cara membersihkannya secara rutin. Dengan begitu, landak mini akan merasa nyaman jika selalu di tempatkan di kandang.

Pemberian Asupan Makanan yang Berkualitas

Landak mini merupakan spesies insektivora atau hewan pemakan serangga. Untuk itu anda bisa memberikan jangkrik atau ulat hong kong sebagai asupan makanan untuk landak mini.

Sebagai peliharaan di rumah, kamu juga bisa memberikan daging dan telur yang memiliki kandungan protein yang dibutuhkan landak mini.

Buah-buahan dan sayuran juga bisa dijadikan sebagai asupan dan mineral bagi landak mini, seperti pisang, apel, pir, wortel, jagung manis, brokoli, atau ubi jalar.

Atau makanan kering yang bisa dibeli di toko. Memberikan makanan yang selang seling bertujuan agar landak mini tidak merasa bosan dengan makanannya.

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!

Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !! ( Picture by : Kompas,com )

Membersihkan Kandang Secara Rutin

Pastikan kamu membersihkan kandang landak mini rutin, minimal seminggu sekali. Selain itu kamu perlu rutin membuang sisa makanan dan membersihkan wadah setiap hari.

Hal ini tentu saja agar kebersihan kandangnya terjaga dan terhindar dari penyakit. Bersihkan kandang dari kotoran, air kencing dan juga makanan yang tercecer dengan membuangnya bersama serbuk kayu. Cucilah kandang, tempat makan, tempat minum, mainan, aksesoris dan ganti serbuk kayu dengan yang baru.

Pastikan Juga hiding box landak mini dalam keadaan bersih. Jika kain sebagai tempat tidurnya sudah kotor, lebih baik ganti baru.

Mandikan Landak Mini

Landak mini juga harus dibersihkan dengan cara dimandikan agar tidak bau. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyediakan ember atau baskom berisi air, sabun atau shampoo dan sikat gigi.

Setelah itu masukkan landak ke dalam baskom atau ember dan tuangkan sabun ke badannya. Gosok perlahan dengan sikat gigi hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !! Semoga Bermanfaat !!

Baca Juga :

Mengenal Ayam Aseel, si Ayam Petarung Unggul !!

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!

5 Bangsa Ayam Terbesar di Dunia, Cocok untuk dipelihara nih !!

Cara Budidaya Hamster Campbel (Panduan Lengkap) Untuk Pemula !

5 Bisnis Anak Muda Bidang Peternakan, Untung hingga Ratusan Juta !!

Referensi :

99.co

Petpintar.com

Halodoc.com

Starfarm.co.id

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!"

Tinggalkan pesan "Cara Merawat Landak Mini di Rumah untuk Pemula !!"