Budidaya
Nov14

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!

0 komentar

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Jambu Kristal Agar Tumbuh Subur !!

Sahabat NuansaTani.Com, Jambu Kristal bukan tanaman jenis jambu yang asli berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari negara Taiwan. Jambu ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 90-an.

Jambu ini hampir tidak memiliki biji di dalamnya, dagingnya juga renyah dengan kandungan air yang banyak di dalamnya.

Jambu Kristal mulai dilirik oleh para petani buah saat ini karena memiliki bobot yang lumayan berat dan perawatan yang mudah. Harganya yang tinggi mampu memikat para petani jambu untuk menanamnya.

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !! Picture by ; kdngroup.co.id)

Tanaman jambu biji kristal dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 1.200 m diatas permukaan air laut.

Jambu biji kristal dapat berbuah sepanjang tahun, curah hujan yang paling cocok adalah 1000-1300 mm/th, pada daerah dengan curah hujan kurang atau tidak merata memerlukan pengairan, pH yang paling cocok berkisar 5.5-65, jika dibawah 4.0 pertumbuhannya tidak bagus.

Jenis tanah yang paling ideal adalah tanah yang lapisan atasnya tebal dan dalam dan kaya bahan organik.

Tentunya ditunjang dengan perawatan yang optimal, Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian 4 sampai 10 m, akan tetapi dapat dibuat pendek dengan rutin melakukan pemangkasan.

Untuk Tanaman buah jambu biji yang dibudidayakan di lahan sudah dapat berbunga pada umur 1-2 tahun, sedangkan jika dibudidayakan di dalam pot dapat mulai berbuah pada umur 4 sampai 5 bulan.

Buah jambu kristal cukup banyak yang di sukai masyarakat, sehingga tak heran kini banyak orang yang mulai melakukan budidaya jambu kristal ini.

Jika kalian tidak memiliki lahan, maka kalian dapat menanam jambu kristal ini dalam pot atau Tabulampot Jambu Kristal.

Berikut Cara menanam jambu kristal dalam pot, Tambulampot Jambu Kristal Agar Tumbuh Subur !!*

Persiapan Bibit Jambu Kristal

Jambu kristal dapat diperbanyak melalui perbanyakan vegetatif seperti Stek, Okulasi, Sambung Pucuk maupun Cangkok.

Perbanyakan vegetatif lebih disarankan dalam penggunaan bibit jambu kristal karena jambu kristal itu lebih cepat berbuah.

Maka, untuk budidaya jambu kristal sebaiknya kalian pilih bibit jambu kristal yang tepat dan berkualitas baik.

  • Pilihlah bibit jambu kristal yang berasal dari okulasi (penempelan) yang sehat dan telah berumur minimal 5 – 6 bulan dengan pertumbuhan seragam dilihat dari satu cabang tunasnya yang memiliki panjang minimum 30 cm,
  • Pilih bibit jambu kristal dengan batang lurus, memiliki enam pasang daun, dan akar yang kuat.
  • Bibit jambu kristal yang terpilih harus bebas dari hama dan penyakit utama dengan ciri-ciri tidak ada kutu putih yang menempel pada daun atau batang.

Anda dapat membelinya langsung di toko-toko pertanian yang menyediakan bibit tanaman baik online maupun offline.

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !! Picture by : Arenatani )

Persiapan Pot dan Media Tanam Jambu Kristal

Siapkan pot sebagai wadah media tanam dengan ukuran yang besar, pot yang dapat digunakan dapat berupa pot plastik, pot semen, Drum bekas yang dipoting menjadi 2 bagian atau yang lain sebagainya.

Media tanam jambu kristal yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah, pupuk kompos dan sekam padi / sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 1

Penanaman Jambu Kristal

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman jambu kristal. Masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah disiapkan.

Kemudian setelah media tanam sudah dimasukkan kedalam pot, maka masukkan bibit jambu kristal ke dalam media tanam dan isi pot hingga penuh dan padatkan.

Perawatan dan Pemeliharaan Jambu Kristal

Agar tanaman jambu kristal tidak stres dan mati, lakukan Penyiraman secara rutin dan berkala. Dan lakukanlah Penyiangan pada gulma atau tanaman liar lainnya yang tumbuh disekitar tanaman jambu kristal di pot dengan secara manual.

Lakukan pula Pemupukan dengan mengggunakan Pupuk NPK mutiara sebanyak satu sendok makan yang dicampurkan dengan air satu liter, pemupukan ini dilakukan setiap satu bulan sekali.

Jangan lupa lakukan juga Pangkasan bagian pada cabang yang menurut kita tidak terlalu baik pertumbuhanya agar nantinya jika dipupuk, nutrisi pupuk tidak termakan oleh batang yang kurang baik tadi.

Untuk teori pemangkasan,1 batang utama (sekunder) hanya boleh memiliki 3 batang cabang (primer), sedangkan dari 3 batang cabang hanya boleh memiliki 3 tunas baru (tersier).

Lakukan penyemprotan agar tanaman jambu kristal cepat tumbuh dengan menggunakan Gandasil D setiap 15-30 hari sekali hingga tanaman berumur 18 bulan.

Setelah itu, dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan Gandasil B untuk merangsang pertumbuhan buah.

Pemanenan Jambu Kristal

Umumnya jambu kristal dalam pot sudah mulai berbuah saat berumur 6 bulan. Namun pada usia ini biasanya buah yang dihasilkan belum maksimal karena masih dalam tahap belajar berbuah.

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!

Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !! ( Picture by : Medcom.id)

Jambu kristal biasanya sudah dapat di panen maksimal setelah tanaman jambu kristal berumur 2 hingga 2,5 tahun. Cir-ciri buah jambu kristal yang siap panen berwarna agak memutih dan berukuran besar atau Ukuran buah maksimal bisa sebesar 2 kepalan tangan orang dewasa

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Jambu Kristal Agar Tumbuh Subur !! Semoga Bermanfaat !!

Baca Juga :

5 Bangsa Ayam Terbesar di Dunia, Cocok untuk dipelihara nih !!

Cara Menanam Bayam dalam Pot /Polybag Agar Hasilnya Maksimal !!

Cara Menanam Kangkung dalam pot /polybag agar tumbuh subur dan hasil melimpah !!

Cara Budidaya Lengkeng dalam pot, Agar Hasilnya Melimpah !!

Cara Menanam Jambu Madu Deli Dalam Pot (Tambulampot) Untuk Pemula !!

Referensi :

paktanidigital.com

jualbenihmurah.com

cybex.pertanian.go.id

rawabibit.com

kdngroup.co.id

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!"

Tinggalkan pesan "Cara Menanam Jambu Kristal dalam Pot, Tambulampot Agar Tumbuh Subur !!"