Peternakan
Okt28

Usaha Ayam Petelur, Inspirasi dan Kisah Sukses dari 1100 ekor!!

0 komentar

Sahabat Nuansatani.com, Mau Mulai Usaha ayam petelur? Salah satu menu makanan yang sering kita dijumpai di dapur-dapur dan disukai oleh banyak orang adalah telur.

Usaha Ayam Petelur

Usaha Ayam Petelur (picture by : Dunia trik)

Telur selain memiliki rasa yang enak, di dalamnya juga terkandung banyak vitamin dan protein yang baik dibutuhkan oleh manusia setiap hari.

Selain itu telur juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, tentu saja telur cukup banyak dijajakan di warung, minimarket, pasar tradisional dan toko sembako hingga supermarket kelas atas.

Usaha ayam petelur lebih menjanjikan dan lebih baik Jika di bandingkan usaha ternak ayam pedaging.

Hal ini di karenakan semua bagian ayam bermanfaat.  Misalnya telur ayam sebagai pusat usaha yang pokok. Kotoran ayam petelur bisa dimanfaatkan sebagai biogas, makanan ikan lele dan pupuk kandang bagi tumbuhan.

Kemudian bulu ayam petelur dapat dibuat menjadi alat kebersihan. Dan terakhir daging ayam petelur bisa dijual dengan harga tinggi

Berdasarkan data statistik jumlah konsumsi telur di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara di dunia. Sebagai Contohnya negara tetangga kita Malaysia.

Konsumsi telur di Indonesia hanya sekitar 7 kilogram pertahun perkapita. Sedangkan Malaysia konsumsi telur penduduknya mencapai 25 kilogram pertahun perkapita.

Hal ini tak lepas dari jumlah produksi telur di tanah air yang tidak mampu memenuhi permintaan pasar dalam negeri yang sangat tinggi.

Sehingga menimbulkan sebuah peluang usaha menjanjikan yakni usaha ternak ayam petelur.

Dalam Usaha ayam petelur manfaat utama yang diambil adalah telurnya. Karena bisnis telur. Usaha ayam petelur dapat dilaksanakan secara rumahan, sampingan atau bisnis utama oleh seorang karyawan, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga dan kalangan lainnya dengan potensi menguntungkan sekali.

Baca Juga : Tipe Kandang Pada Budidaya Ayam Buras (Bukan Ras/Ayam Kampung)

Jika anda sangat berminat untuk membuka usaha ternak ayam petelur yang prospektif maka modal awal yang mesti dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • Kandang ayam

Untuk membuat kandang ayam bagi usaha ternak ayam petelur biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 8-9 juta. Anda bisa menghemat anggaran modal usaha dengan cara menggunakan kayu bekas yang tak terpakai.

  • Bibit ayam siap telur

Untuk membeli bibit ayam petelur yang siap telur sebanyak 100 ekor, biaya yang diperlukan sebesar Rp 5 juta (100 bibit x Rp 50.000).

  • Pakan ayam petelur

Pakan yang diperuntukkan bagi ayam petelur ada tiga macam yakni bekatul, beras jagung dan konsentrat. Pakan tersebut dicampur rata hingga menjadi makanan bagi para ayam petelur. Biaya keseluruhan sampai panen sekitar Rp 1 juta.

Jadi total estimasi modal usaha yang diperlukan untuk buka usaha ternak ayam petelur adalah Rp 14 juta. Jika dari 100 ekor ayam petelur mampu menghasilkan telur sebanyak 6 kilogram perhari maka keuntungan bersih yang didapatkan sebesar Rp 1 juta perbulan.

Kisah Sukses Usaha Ayam Petelur

Bapak Dayat Peternak yang awal mulanya hanya 40 ekor kemudian 1100 ekor ayam petelur, dan akhirnya memulai kesuksesannya mendulang Jutaan rupiah, tiap bulannya,  Tonton Vidionya disini , Klik disini !!

Sekian Catatan Nuansatani,com Kali ini, Usaha Ayam Petelur, Inspirasi dan Kisah Sukses dari 1100 ekor!! Semoga Bermanfaat..

Baca juga : Usaha ternak Ayam Petelur, Tips Sukses Mendulang Rupiah dari Usaha Ini

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Usaha Ayam Petelur, Inspirasi dan Kisah Sukses dari 1100 ekor!!"

Tinggalkan pesan "Usaha Ayam Petelur, Inspirasi dan Kisah Sukses dari 1100 ekor!!"