Peternakan
Okt21

Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!

0 komentar

Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!

Sahabat NuansaTani.com Selain berfungsi melindungi ayam dari pengaruh cuaca, kandang juga berfungsi untuk menghindakan ayam dari gangguan manusia dan binatang.

Kandang diharapkan memberikan kenyamanan pada ayam yang dipelihara sehingga ayam pun dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi pemeliharanya.

Lokasi peternakan ayam sebaiknya dipilih dengan mempertimbangkan factor lingkungan tumbuh ayam dan factor lingkungan sekitar.

Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!

Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!

Lingkungan sekitar meliputi lngkungan fisik (bangunan, kandang, dan perlengkapannya), social (interaksi antaryam di dalam kandang, interaksi peternak dengan ayam, interaksi peternak dengan masyarakat), dan lingkungan ternak (keadaan dalam kandang dengan indikasi suhu, kelembapan, dan ventilasi yang nyaman bagi ayam).

Beberapa Fungsi kandang untuk peternakan ayam sebagai berikut :

  • Melindungi ternak dari perubahan cuaca atau iklim
    yang ekstrim (panas, hujan dan angin).
  • Mencegah dan melindungi ternak dari penyakit.
  • Menjaga keamanan ternak dari pencurian.
  • Memudahkan pengelolaan ternak dalam proses
    produksi seperti pemberian pakan, minum,
    pengelolaaan kotoran/limbah dan perkawinan.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja.

Nah , setelah kita tau fungsi kandang selanjutnya, Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi peternakan ayam adalah sebagai berikut.

  1. Jarak

Peternakan ayam petelur atau pedaging komersial tidak boleh berjarak kurang dari 1 km dari perusahaan peternakan ayam bibit dan 250 m dari perusahaan ayam petelur komersial atau ayam pedaging komersial lainnya.

  1. Lokasi

Peternakan ayam sebaiknya tidak berada di tempat bising agar ayam tidak stres. Peternakan sebaiknya jauh dari pemukiman penduduk dan bukan di daerah cekungan agar aliran udara dapat maksimal.

  1. Kemudahan Transportasi

Peternakan ayam sebaiknya berada di lokasi yang memiliki kemudahan transportasi, baik untuk mengangkut sarana produksi (terutama pakan) maupun untuk mengangkut hasil produksi (ayam dan telur).

  1. Sumber Air

Sumber air yang baik kualitasnya dan mencukupi atau mudah didapatkan menjadi hal yang cukup penting juga harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi peternakan ayam

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !! Semoga bermanfaat !!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!"

Tinggalkan pesan "Tips Memilih Lokasi Untuk Peternakan Ayam !!"