Peternakan
Des23

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

1 komentar

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

Kandang sangatlah berguna untuk melindungi ternak ayam Anda dari berbagai bahaya seperti hewan pemangsa, sebagai tempat berteduh sewaktu hujan dan panas serta sebagai tempat untuk tidur dan beristirahat.

Selain itu kandang ayam juga dapat mempermudah Anda dalam memungut hasil panen, mempermudah pengontrolan kondisi ternak, mempermudah pemberian pakan dan memudahkan Anda untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

Adapun jenis kandang ayam petelur yang dapat Anda gunakan adalah jenis kandang baterai.

Jenis kandang ayam petelur ini mempunyai bentuk sangkar empat persegi panjang, disusun berderet secara memanjang bertingkat dua atau lebih. Setiang kandang sangkar ini dapat menampung 1 – 2 ayam dewasa.

Jenis kandang ayam petelur model baterai ini sangatlah tepat dan bermanfaat jika digunakan pada lahan pemeliharaan yang sempit dan daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia.

Adapun langkah –langkah dalam pembuatan kandang baterai untuk ayam petelur adalah sebagai berikut:

Bahan Untuk Membuat Kandang

Untuk membuat jenis kandang ayam petelur model kadang baterai dibutuhkan bahan yang sangat sederhana.

Anda bisa menggunakan bahan berupa kawat ataupun bambu. Untuk mempermudah proses pembuatan Anda bisa menggunakan kawat. Kandang dari kawat dapat menghemat waktu dalam proses pembuatannya.

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!

Ukuran Kandang

Jenis kandang ayam petelur model baterai dapat menggunakan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan Anda. Inilah salah satu keunggulan dari jenis kandang model baterai.

Dengan menyesuaikan ukuran maka hal ini akan mempengaruhi keadaan kesehatan dan produktifitas ternak ayam petelur Anda. Membuat kandang dengan ukuran yang disesuaikan dan tidak berlebihan maka akan berdampak pada biaya yang akan Anda keluarkan untuk investasi ini.

Bentuk kandang baterai ini dapat Anda bangun secara memanjang serta diberi sekat – sekat kecil. Untuk panjangnya Anda bisa menyesuaikan dengan keperluan Anda. Untuk sekat – sekat kecil ini Anda bisa menggunakan ukuran panjang 40 cm, lebar 40 cm dan tinggi depan 37 cm, belakang 30 cm.

Jenis kandang ayam petelur model ini mempunyai ventilasi yang sangat terbuka, baik itu pada bagian depan, atas dan belakang. Untuk bagian bawah atau alas hendaknya Anda buat dengan kemiringan tertentu agar telur dapat menggelinding dan bergulir ke arah depan. Buatlah lantai kandang dari bahan kawat atau bambu dengan agak renggang agar kotoran ayam bisa langsung jatuh ke tanah.

Tempat Pakan Dan Tempat Minum

Untuk Untuk tempat makan dan minum dapat Anda buat dengan model bertingkat. Dengan model tempat pakan di bawah dan tempat minum berada pada bagian atas. Untuk tempat pakan Anda bisa menggunakan pipa atau kayu. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan pipa karena mempunyai bentuk lengkung dan mudah untuk didapatkan.

Sedangkan untuk tempat minum, Anda juga bisa menggunakan pipa. Sebelum digunakan, cek pipa terlebih dahulu untuk menghindari kebocoran.

Perhatikan Posisi Dan Penempatan Kandang

Kandang baterai ini dapat Anda buat dengan model panggung. Dimana kotoran ternak Anda bisa langsung jatuh ke bawah.

Jenis kandang ayam petelur ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan kandang dan menjaga sirkulasi menjadi lebih baik. Dalam membuat kandang bertingkat pastikan tiap tingkatnya bergeser ke samping, hal ini dimaksudkan agar kotoran ayam tidak menimpa ayam di bawahnya.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap ventilasi udara pada kandang. Usahakan dalam membuat kandang baterai ini cukup dibuat dengan 2 – 3 tingkat saja. Jika terlalu tinggi akan berdampak pada kesulitan Anda dalam mengontrol kandang ternak ayam.

Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam membuat jenis kandang ayam petelur model baterai ini, yaitu tinggi kandang ideal dari tanah sekitar kurang lebih 1,25 – 1,5 m. Hal ini berfungsi agar mengurangi unsur amonia yang dihasilkan dari kotoran ayam.

Untuk jarak ideal kandang ukuran yang bisa Anda gunakan adalah 1 x lebar kandang. Untuk posisi kandang bisa Anda bangun mengarah ke barat – timur.

Hal ini bertujuan untuk mengatur pencahayaan agar lebih baik. Adapun kelebihan dan kekurangan dari penggunaan jenis kandang ayam petelur model baterai adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Sirkulasi ventilasi alami kandang berjalan dengan maksimal. Sehingga ayam merasa nyaman. Kemungkinan terjadinya kanibal dapat dihindarkan.
  • Anda dapat mengontrol ayam sakit dengan sangat mudah.
  • Kontrol pakan/minum serta produksi dapat Anda lakukan dengan mudah.
  • Ayam akan selalu berenergi dan produksi telur dalam kondisi bersih.

Kekurangan

  • Ayam akan mudah terserang kelumpuhan apabila ayam dimasukkan sebelum waktunya. Hal ini karena otot – otot ayam masih terlalu lemah.
  • Jika Anda sering terlambat membersihkan kotoran maka akan mengakibatkan banyaknya lalat dan bau yang menyengat. Akibatnya ternak ayam Anda dapat terancam terkena serangan penyakit.

Baca Juga :

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Semoga Bermanfaat!!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!"

Satu Respon

  1. Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur !!3 minggu ago

    […] Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !! […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Tipe Kandang Ayam Petelur Sederhana, Baca Disini !!"