Info Praktis, Yuk Usaha
Agu18

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

0 komentar

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Sahabat NuansaTani.com Tanaman Hias Aglaonema atau yang dikenal dengan sebutan Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki potensi bisnis yang cukup menarik dan menjanjikan.

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Aglaonema Dut Anjamani

Bagaimana Tidak !! Beberapa jenis aglaonema, Seperti aglaonema jubilee yang per potnya berisi 7-8 batang dengan tinggi 50-60 cm, dihargai 100 ribu.  Sedangkan Aglaonema butterfly, lady valentine, hang-hang, snow white dihargai sekitar 150 ribu per batang.

Kemudian, jenis costatum per potnya berisi 6 batang yang harganya dapat mencapai 900 ribu, aglaonema sun-sun harganya 2,5 juta per pohon.

Jenis lain ruwa raiwa harganya 2 juta dan yang paling mahal adalah jenis dut anjamani yang bisa mencapai 3 juta.

Mahalnya harga aglaonema dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah warna daun, faktor dimensi dan usia.

Pada spesies yang dimensi dan umurnya sudah dewasa, harganya lebih tinggi dibandingkan dengan daun yang masih mungil. Satu hal yang menarik kekompakan daun mempengaruhi harga, tangkai daun yang pendek umumnya lebih mahal.

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Dengan Pengembangbiakan dan pemeliharaan tanaman ini yang cenderung cukup mudah menjadikan tanaman hias ini banyak dibudidayakan dan dijadikan usaha bisnis oleh pelaku-pelaku usaha.

Sebagian besar konsumen dari tanaman aglaonema ini adalah kelas menengah ke atas dan pecinta tanaman hias. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga kelas menengah untuk membelinya sebagai hobi.

Aglaonema memiliki daun yang indah karena memiliki corak warna yang khas. Tanaman ini menjadi popular karena sangat cocok ditanam untuk menambah keindahan pekarangan rumah maupun sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Batang dan dahan aglaonema mirip dengan talas, namun tanaman satu ini tidak terlalu menyukai air.

Penyiraman cukup 3-4 hari sekali dengan cara disemprot bukan diguyur. Jika air berlebihan maka akan tumbuh jamur yang menyerang akar dan dampaknya akan membuat aglaonema membusuk.

Satu faktor yang bisa membuat aglaonema mati adalah suhu yang dingin. Jadi sebaiknya diletakkan pada suhu 35 o celsius dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Aglaonema cocok ditanam dalam media yang gembur, dan biasanya dicampur dengan pupuk. Untuk menghemat air, aglaonema cocok ditempatkan pada pot yang terbuat dari tanah liat.

Risiko kematian pada budidaya tanaman hias ini adalah 20-30 persen, yang biasanya terjadi karena serangan hama dan penyakit busuk akar yang disebabkan oleh jamur Pythium spp akibat terlalu lembab dan basah.

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!

Selain itu, si cantik ini juga akan layu jika mengalami gangguan psikologis. Gangguan yang akan membuat warna daun akan berubah jika kurangnya cahaya dan faktor kelembaban yang tinggi.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anggrek, Ini Panduan Lengkapnya !

Nah..Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan pada budidaya tanaman aglaonema ini agar mempunyai peluang hasil yang tinggi.

  1. Tanaman induk yang sudah memiliki tunas bisa dicabut pelan-pelan dari potnya dan dibuang seluruh tanah yang menempel sampai tinggal akarnya.
  2. Potong tunas tersebut menggunakan pisau beserta akarnya. Terkadang indukan bisa memiliki 2-3 anakan.
  3. Sediakan pot berhawa (ruang oksigen) diisi styrofoam yang dipotong kecil-kecil, agar air buangan lancar.
  4. Masukkan ¼ media. Lalu tanam induk. Setelah itu, tambahkan pupuk yang mengandung NPK. Terakhir, tambahkan lagi media hingga penuh tetapi tidak terlalu padat.
  5. Anakan tersebut akan menjadi induk dalam waktu 6-7 bulan, tergantung dari varietasnya. Induk-induk tersebut dapat diperbanyak lagi.

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !! Semoga Bermanfaat..

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!"

Tinggalkan pesan "Tanaman Hias Aglaonema, Potensi Bisnis Yang Menjanjikan !!"