Agribisnis
Jun26

Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja?

0 komentar

Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja?

Sahabat NuansaTani.com Kendala utama yang sering dialami oleh pembisnis di bidang pertanian yaitu mereka sering salah dalam memperhitungkan target pasar sehingga ketika panen tiba, mereka akan kebingungan dalam memasarkan hasil panennya.

Oleh karenanya, penting bagi seorang pembisnis untuk melakukan pengkajian terlebih dahulu terhadap bisnis pertanian yang akan dilakukannya nanti.

Dengan demikian, dapat ditentukan beberapa opsi pilihan, salah satunya adalah untuk bisa menanam tanaman yang bernilai ekonomis tinggi.

Nilai ekonomis dari suatu tanaman dapat ditentukan dari tingkat keunikan serta besarnya manfaat yang didapatkan dari tanaman tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dipertimbangkan oleh seorang pembisnis dalam memulai usaha pertaniannya:

  1. Tanaman hias

Tanaman hias yang berfungsi untuk menghiasi rumah sehingga kelihatan elok, rapi dan indah menjadi bisnis pertanian lain yang tidak boleh dilupakan.

Pasalnya tanaman hias memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan beberapa orang rela untun mengeluarkan jutaan hingga ratusan juga hanya untuk bisa mengkoleksi tanaman hias di rumahnya.

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa dibudidayakan ialah: suplir, keladi, pucuk merah, philodendron, aglaonema, puring, pohon palem, sirih gading, lemon lime dracaena, wali songo, pakis sarang burung, tanduk rusa, kuping gajah, keladi red star, lidah mertua, gelombang cinta, dan lain-lain.

Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja?

  1. Sayuran organik

Kini, sayuran organik menjadi salah satu jenis budi daya tanaman yang kian menguntungkan.

Salah satu yang mempengarui adalah karena adanya tren budaya masyarakat yang sebelumnya hanya melihat kuatitas produk, kini mulai beranjak untuk melihat tingkat kualitasnya.

Seperti yang sudah diketahui bersama, sayuran organik ini dipelihara tanpa menggunakan pupuk sintetik dan pestisida kimia sehingga lebih aman dikonsumsi.

Selain itu, jenis sayuran apapun yang dikembangkan dengan budi didaya tanaman organik akan lebih mudah dirawat dan menghasilkan panen yang cepat.

Bahkan diklaim bahwasanya teknologi yang menggunakan budidaya sayuran organik lebih sehat ketimbang menggunakan metode penanaman konvensional.

  1. Rempah-rempah

Peluang untuk membudidayakan tanaman rempah sangat terbuka lebar. Seringkali permintaan rempah-rempah di pasar sangatlah tinggi dan tidak pernah sepi pembeli layaknya sayuran.

Tanaman rempah-rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, lada, pala, seledri, vanili, dan lain-lain sangat dibutuhkan oleh restoran dan rumah makan. Selain itu, fungsi rempah-rempah dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, pengawet, minuman, kecantikan, dan lain-lain. Peluang ekspornya pun sangat menjanjikan.

Baca Juga :

Cara Budidaya Jahe Gajah Di Lahan Sempit, yang Menguntungkan !!

Budidaya Kunyit (Curcuma domestica) praktis dan mudah

Cara Budidaya Jahe (Zingiber officinale), Agar Hasilnya Melimpah !!

Cara Budidaya Lada, Ini Panduan Lengkapnya Untuk Anda

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja? Semoga Bermanfaat !!

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja?"

Tinggalkan pesan "Tanaman Bernilai Jual Tinggi, Apa Saja?"