Info Praktis
Sep27

Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan)

0 komentar
Posluhdes

Posluhdes kadupandak kecTambaksari

Mungkin didaerah kalian pernah melihat bagunan seperti gambar di samping?

Ya tidak salah lagi itu adalah bangunan posluhdes!! Apa Itu POSLUHDES?

Yuuk mari kita simak!!

Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan yang di singkat POSLUHDES merupakan unit kerja nonstruktural yang di bentuk dan di kelola secara partisipatif oleh pelaku utama (Kelembagaan Penyuluhan di tingkat Desa/Kelurahan),

sedangkan kelembagaan penyuluhan adalah lembaga pemerintah dan/atau masyarakat yang mempunyai tugas dan fungsi menyelengarakan penyuluhan,

Dan kelembagaan tingkat kecamatan adalah BP3K atau Balai Penyuluhan Pertanian,  Perikanan, dan Kehutanan,

BP3k bertanggung jawab dalam pengawalan pelaksanaan penumbuhan dan penembangan Posluhdes/kelurahan dan berkoordinasi dengan petugas teknis terkait.

Sedangkan apa itu penyuluhan, dan penyuluh?

Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya.

dalam mengakses informasi pasar, teknologi ,permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi Usaha, pendapatan, dan kesejahteraan,

serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup.

Sedangkan penyuluh terbagi menjadi 2 ada penyuluh PNS dan Penyuluh Swadaya

Penyuluh PNS yang selanjutnya di sebut penyuluh adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, atau wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat berwenang pada satuan organisasi lingkup pertanian,perikanan dan kehutanan untuk melakukan kegiatan penyuluhan,

Penyuluh swadaya adalah pelaku utama yang berhasil dalam usahanya dan warga masyarakat lainnya yang dengan kesadaran sendiri mau dan mampu menjadi penyuluh.

Menarik sekali kan posluhdes ini?

Yuk mari kita lanjutkan!! Apa itu pelaku utama dan pelaku usaha sebagai sasaran utama dalam penyuluhan?

Pelaku Utama adalah petani, pekebun, peternak, petambak, nelayan, petani di sekitar hutan serta keluarganya.

Ada pun pelaku usaha adalah perorangan warga negara warga negara indonesia atau koprasi yang di bentuk menurut hukum yang mengelola usaha pertanian, perikanan, dan kehutanan.

Banyak sekali potensi bisnis di desa yang mungkin belum tergali secara maksimal, yuk bagi masyarakat di pedesaan kita maksimalkan potensi tersebut..

Dengan memanfaatkan pos penyuluhan desa/kelurahan ini, dan mari kita ciptakan penyuluhan yang kondusif dalam proses pembelajaran sebagai suatu kegiatan non formal,

sehingga pelaku utama dan pelaku usaha mampu bersaing dan memiliki posisi tawar yang kuat dalam menghadapi pihak-pihak yang berkaitan dengan Usahanya.

Hal inilah yang mendasari bahwa kelembagaan penyuluhan di tingkat paling bawah yaitu Desa/kelurahan mempunyai peran utama dalam mengoptimalkan penyelenggaraan penyuluhan.

Eksistensi Posluhdes di pedesaan/kelurahan akan menentukan terciptanya penyuluhan yang efektif dan efisien

tentunya proses pembelajaran bagi pelaku utama dan pelaku usaha akan berjalan dengan baik, dan diharapkan usaha, pendapatan ,kesejahtraan petani dapat meningkat.

Yuk kita manfaatkan kelembagaan Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan) ini untuk menciptakan pertanian indonesia lebih baik.

Penulis: 

author

Posting terkait "Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan)"

Tinggalkan pesan "Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan)"