Agribisnis
Jul1

Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian

0 komentar

Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian

Sahabat NuansaTani.com Banyak orang yang beranggapan bahwa pertanian itu identik dengan pekerjaan orang tua yang harus selalu berkotor-kotoran dengan lumpur, menanam dan memanen secara manual serta untungnya yang sedikit.

Dari cerita tentang profil petani yang ada di Indonesia, petani seringkali tidak berdaya dan sering diberdayakan melalui beberapa program baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

Belum lagi apabila muncul permasalahan terkait kekeringan, cuaca yang tidak menentu, ketersediaan bibit dan pupuk yang mulai langka serta berbagai serangan hama penyakit lainnya yang berimbas pada gagalnya panen.

Segala permasalahan yang dialami petani dalam usaha taninya dan bidang pertanian dalam konteks pembangunannya, setidaknya dapat dicarikan jalan keluar.

Untuk penyelesaian masalah ini, peran pemuda sebagai generasi penerus sektor pertanian sangatlah dibutuhkan.

Yaa… Pemuda! Pemuda adalah agen perubahan dan pemuda adalah pondasi bangsa.

Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian

Mahasiswa POLBANGTAN BOGOR, Rizky Maulana S, Pandu Danar R, Rizky Adelia, Nurunnisa, Popon Paridah, Serta Ketua Keltan Sukamandi

Jika berbicara tentang pemuda maka tak lepas dari mahasiswa. Mahasiswa mempunyai peranan yang sangat besar dalam mengembangkan dunia pertanian, sebab antara teori yang telah dipelajarinya dan praktek haruslah berjalan beriringan.

Salah satu peran mahasiswa pertanian dalam revitalisasi pertanian adalah melakukan riset untuk menghasilkan rekayasa teknologi maupun kelembagaan yang dapat mendukung pembangunan pertanian yang dapat memberdayakan petani serta menyokong ekonomi pertanian.

Mahasiswa pertanian dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah pertanian dengan ilmu yang dimilikinya,

Membantu percepatan pembangunan pertanian dengan melakukan pendampingan dan penyuluhan yang bermanfaat bagi para petani,

Mengenalkan kepada petani dengan teknologi bertani yang moderen serta melakukan advokasi-advokasi pertanian yang bisa membantu menyejahterakan petani.

Sebagai contoh, Mahasiswa bisa mengenalkan internet kepada petani untuk mencari berbagai macam informasi khususnya di bidang pertanian.

Memang awalnya sulit untuk mengenalkan suatu hal yang baru kepada petani tradisional, karena kebanyakan dari mereka lebih percaya dengan metode turun temurun/yang sudah ada.

Selain itu, mahasiswa atau pemuda juga bisa melakukan pendampingan untuk menghadapi ketidakberdayaan petani terhadap sistem yang tidak menguntungkan seperti sistem ijon, rentenir, ataupun ketidakberdayaan menghadapi tengkulak.

Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian

Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian

Kegiatan ini bisa dijadikan salah satu wahana bagi para pemuda untuk memberikan kontribusinya di bidang pertanian.

Itulah beberapa contoh peran serta pemuda yang bisa dilakukan dalam bidang pertanian.

Generasi muda berperan penting bagi pengembangan pertanian karena dibutuhkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan sektor pertanian.

Apabila para pemuda yang memiliki kekuatan dan semangat yang tinggi terjun ke dunia pertanian, tentunya negara ini masih punya harapan untuk melihat peningkatan kesejahteraan petani Indonesia.

Kini, pertanian bukanlah hal yang bisa dipandang remeh, karena pertanian merupakan satu-satunya penjamin ketersediaan pangan di Indonesia.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Peran Pemuda Dalam Pembangunan Pertanian, semoga bermanfaat…

Referensi:

blog.umy.ac.id

web.unair.ac.id

irisindonesia.com

 

Tag:
Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian"

Tinggalkan pesan "Peran Pemuda dalam Pembangunan Pertanian"