Agribisnis
Feb5

Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! Apa saja?

0 komentar

Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil

Sahabat NuansaTani.Com Produk pertanian memiliki sifat yang berbeda dengan produk lainnya. Ini karena produk pertanian masih sangat bergantung pada kondisi alam untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas produk yang maksimal.

Salah satu risiko yang bisa muncul akibat sifatnya yang masih tergantung pada alam adalah terjadinya fluktuatif harga atau harga menjadi tidak stabil.

Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! Apa saja?

Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! Apa saja?

Harga merupakan salah satu unsur pemasaran yang sangat penting pada produk pertanian.

Akhir-akhir ini banyak terjadi penurunan harga komoditi pertanian baik di pasar global, nasional maupun lokal. Hampir semua komoditi mengalami penurunan harga yang sangat tajam.

Selain karna faktor alam, naik turunnya harga produk pertanian juga dipengaruhi oleh parameter lain yang beberapa diantaranya tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah apalagi oleh petani sendiri.

Parameter tersebut meliputi komoditi substitusi, perkembangan ekonomi global dan nasional, dinamika pasar, spikulan di pasar berjangka, jumlah petani yang sangat banyak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, masih terdapat faktor lain yang bisa menyebabkan harga produk pertanian menjadi tidak stabil. Faktor lain tersebut adalah;

  • Sifat Produk Musiman

Maksud dari sifat produk musiman adalah produk tersebut akan memiliki jumlah yang mencukupi pada waktu tertentu saja. Misalnya, pada musim panen padi akan melimpah pasokan beras, namun pada musim paceklik pasokannya sangat terbatas.

Sifat ini tentu sangat mempengaruhi stabilitas harga produk pertanian yang dihasilkan petani. Saat pasokan melimpah harga akan jatuh, sedangkan saat pasokan terbatas akan terjadi lonjakan harga. Hal ini sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran jika harga akan dipengaruhi oleh pasokan produk tersebut.

  • Kurangnya Fasilitas Gudang

Fasilitas Gudang juga sering menjadi permasalahan pada produk pertanian. Penggudangan menjadi solusi bagi sifat produk pertanian yang musiman, namun permasalahannya adalah bagaimana kualitas penggudangannya tersebut.

Penggudangan banyak dirasa kurang, baik dari segi ketersediaan dan kualitasnya. Tidak semua petani memiliki akses untuk penggudangan dan jika memiliki pun banyak yang kurang berkualitas sehingga produk akan mudah rusak.

Kurangnya fasilitas penggudangan akan menyebabkan petani terpaksa langsung memasarkan produk pertaniannya. Sama halnya dengan sifat musiman, jika sistem penggudangan kurang maka pasokan akan melimpah dan harga produk akan menurun.

  • Distribusi Terhambat

Distribusi produk pertanian sering menjadi masalah karena masih adanya kecenderungan sifat kapitalisme di dalam proses distribusinya.

Hal ini akan menyebabkan adanya kelangkaan produk pada suatu daerahyang nantinya dapat memicu kenaikan harga. Sebaliknya, sifat kapitalisme ini juga dapat menurunkan harga di daerah tertentu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat diambil, di antaranya adalah;

Pertama, untuk menyelesaikan masalah sifat musiman bisa dengan melakukan proses budi daya tidak serentak antar daerah penghasil satu dengan daerah lainnya. Sehingga, pasokan produk tertentu misalnya cabai akan terus tersedia dan harga dapat stabil.

Menerapkan metode penanaman polikultur, yaitu mengusahakan penanaman lebih dari satu jenis komoditas.

Sehingga, jika satu komoditi harganya jatuh, maka masih ada usaha tani lain yang dapat menopang ekonomi usaha tani.

Kedua, pembangunan fasilitas penggudangan, baik di tingkat kelompok tani maupun sentra penghasil. Jika satu petani tidak mampu membangun gudang penyimpanan yang layak maka bisa bekerja sama dengan petani yang lainnya.

Ketiga, pemasaran satu atap atau koordinasi distribusi yang terpusat. Jika koordinasi distribusi dilakukan satu pihak atau terpusat akan lebih mudah untuk mengontrol dan menghindari kelangkaan produk di suatu wilayah tertentu.

Koordinasi ini juga harus terintegrasi sampai ke petani dalam menangani masalah sifat produk yang musiman dan dalam hal penggudangan. Jika semua terlaksana dengan lancar maka kestabilan harga pasti akan lebih mudah tercapai.

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! semoga bermanfaat!!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! Apa saja?"

Tinggalkan pesan "Penyebab Harga Produk Pertanian Tidak Stabil !! Apa saja?"