Hama dan Penyakit
Mar14

Penyakit Noda Palsu /Hangus Palsu Pada Tanaman Padi

1 komentar
Penyakit Noda Palsu

Penyakit Noda Palsu Pada Tanaman Padi

Sahabat Nuansatani.com – Pernahkah kalian melihat gejala serangan pada tanaman padi anda seperti pada gambar di samping?

Ya.. tidak salah lagi itu adalah gejala penyakit noda palsu / hangus palsu!!

Penyakit noda palsu di sebabkan oleh jamur Ustilaginoidea virens. Walaupun sebenarnya penyakit ini tidak begitu penting dan jarang menyerang tetapi tidak ada salahnya untuk kita ketahui.

Jamur ini akan menyerang terutama pada saat kondisi lingkungan pertanaman lembab, banyak hujan, mendung dan penyakit ini menyerang pada masa pembungaan, terutama pada tanaman yang dipupuk nitrogen dengan dosis tinggi/ berlebihan, dan hindari penenaman dengan jarak rapat.

Penularannya penyakit ini terjadi melalui udara.

Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit noda palsu adalah pada bulir-bulir padi berubah menjadi gumpalan spora yang berukuran sampai 1 cm.

Cendawan ini mengembangkan tubuh buahnya didalam biji , tubuh buah membesar dari pada bulir padinya

Mula-mula gumpalan spora keluar diantara sekam, berwarna kuning sampai oranye dan kemudian berubah warna hijau gelap. Bagian tengah dari bola ini adalah suatu anyaman miselium padat yang merupakan sklerotium.

Gejala serangan penyakit noda palsu terlihat nyata sewaktu bulir mulai masak. Chlamydospore tidak mudah dilepaskan dari bola smut karena adanya bahan yang lekat. Biasanya hanya terdapat untaian bulir pada malai yang terinfeksi.

Penyakit ini biasanya sampai saat ini bukanlah penyakit utama karena luasan ddan intensitas serangannya masih rendah sehingga belum perlu dilakukan tindakan pengendalian.

Namun, jika ingin mencegahnya bisa dilakukan dengan pengurangan penggunaan pupuk urea dan penggunaan sistem tanam secara jajar legowo. Atau dengan pengendalian dengan memusnahkan malai yang sakit.

Sekian Catatan Nuansatani.com kali ini, Penyakit Noda palsu atau hangus paslu pada tanaman padi, Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :

Manfaat Tanaman Refugia Dalam Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan)

Pengendalian Hama Terpadu (PHT)

Cara Pengendalian anjing tanah/ Orong-orong (Gryllotalpa hirsuta)

Prinsip 6 Tepat Penggunaan Pestisida

Cara Budidaya Melon Agar Tumbuh Subur

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Penyakit Noda Palsu /Hangus Palsu Pada Tanaman Padi"

Satu Respon

  1. author

    Hery Kiswanto1 tahun ago

    Mantap bos artikelnya…….

    Balas

Tinggalkan pesan "Penyakit Noda Palsu /Hangus Palsu Pada Tanaman Padi"