Peternakan
Des23

Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!

0 komentar

Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!

Sahabat NuansaTani.com Dalam menjalankan usaha ternak ayam petelur tidak kurang dari dua pertiga jumlah total biaya pengeluaran atau cost yang digunakan merupakan biaya pembelian pakan ternak.

Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!

Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!

Hal ini kerap menjadi persoalan kebayakan peternak yang akhirnya gulung tikar, akibat kenaikan harga biaya pakan yang tak sebanding dengan produksi telur maupun daging yang dihasilkan.

Untuk mengatasi pengeluaran yang tinggi maka Anda memerlukan inovasi atau terobosan baru yang dapatmenekan biaya pengeluaran pakan tersebut.

Biasanya pakan ayam petelur yang umum digunakan yaitu berupa voer dengan dicampur dedak maupun konsentrat lainya.

Pakan ayam petelur yang berkualitas harus mengandung unsur protein, mineral, karbohidrat, lemak dan juga vitamin.

Pemberian pakan yang berlebih juga kurang baik karena selain berdampak pada biaya pakan, ternak ayam petelur pun menjadi kurang produktif akibat pertumbuhan lemak yang tidak sebanding dengan pembentukan telur ayam.

Untuk itu takaran pakan ayam petelur haruslah sesui dengan kebutuhan ayam tersebut.

Salah satunya adalah dengan pengunaan probiotik sebagai nutrisi tambahan yang dapat membantu proses pencernaan ayam sehingga nutrisi pakan dapat terserap dengan baik, sehingga produktivitas telur menjadi kian lancar.

Cara Kerja Probiotik Nutrisi Pakan Ayam Petelur

Probiotik adalah mikroorganisme yang terdapat dalam tubuh hewan ternak, yang bekerja secara aktif dalam organ pencernaan dan bermanfaat sebagai organisme untuk memperbaiki keseimbangan pada  bagian mikroflora usus.

Probiotik pakan ayam petelur mengandung bakteri yang menguntungkan dan dapat bekerja menekan pertumbuhan pathogen pada organ pencernaan ayam.

sehingga menyebakan ternak menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Berikut 3 mekanisme kerja dari probiotik dalam pencernaan ayam yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Probiotik dapat menekan mikroba jahat melalui persaingan penyerapan nutrisi, dengan cara mengaktifkan senyawa antimikroba, sehingga nutrisi pakan ayam petelur dapat diserap ternak dengan sempurna.
  • Probiotik mengandung imun yang dapat menstimulasi peningkatan kadar antibodi dan dapat dengan mudah mencerna bakteri dan sisa-sisa sel dalam jumlah yang banyak (makrofag). Dengan demikian kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit menjadi semakin meningkat.
  • Probiotik bisa merubah metabolisme pada mikrobial dengan secara cepat meningkatkan dan menurunkan aktivitas enzim pencernaan.

Cara Membuat Probiotik Pakan Ayam Petelur

Jika Anda ingin membuat probiotik untuk pakan ayam petelur maupun ayam pedaging sebenarnya Anda tidak membutuhkan biaya yang besar.

Karena probiotik dapat Anda buat dengan bahan-bahan alami yang tersedia dilingkungan Anda berada.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana tips cara meramu pakan ayam dengan probiotik sebagai berikut :

  • Sediakan bahan utama seperti : dedak padi, dedak jagung atau kedelai sebanyak kurang lebih 20 Kg.
  • Tambahkan cairan 0,25 liter probiotik, 0,25 lt tetes tebu dan tambahkan air sebanyak 10 liter.
  • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 hari penuh (24 jam). Agar mengalami proses fermentasi.
  • Kemudian Anda masukan adonan tersebut kedalam tong atau bak plastik yang sudah disiapkan. Ingat bak yang anda gunakan harus bisa ditutup dengan rapat.
  • Setelah 3-4 hari mengalami penyimpanan didalam bak yang terhidar dari sinar matahari, maupun suhu yang panas, pakan ayam petelur dengan rasum probiotik sudah bisa Anda gunakan.
  • Rasum pakan tersebut dapat disimpan selama 1 bulan untuk terus Anda gunakan, dan untuk dosisnya Anda dapat memberikan 5 kg pakan probiotik dicampur 100 kg pakan tepung atau konsentrat yang bisa Anda gunakan.

Cara diatas dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas mutu dari bahan baku seperti dedak atau bekatul, jagung, voer atau campuran lainya.

Dengan mengunakan pakan ayam petelur yang di inovasikan mengunakan campuran probiotik produksi telur lebih tinggi, hemat biaya pakan, dan kotoran ayam yang dihasilkan juga tidak berbau serta lebih cepat untuk diolah menjadi pupuk kandang.

Baca Juga :

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!! Selamat Mencoba !!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!"

Tinggalkan pesan "Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Produksi Telur Lebih Tinggi!!"