Peternakan
Mar10

Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?

0 komentar

Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?

Sahabat NuansaTani.com Pakan ayam menjadi salah satu masalah bagi para peternak ayam kampung.

Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?

Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?

harga pakan yang kadang melambung tinggi dan tidak diimbangi dengan kenaikan harga ayam akan mengakibatkan kerugian bagi para peternak ayam.

untuk mengatasi masalah tersebut biasanya para peternakayam kampung  meramu pakan alternatif ayam kampung untuk menekan biaya pakan .

cara ini bisa dibilang efektif sebab selain bisa menekan biaya pakan, pemberian pakan alternatif ini juga bisa meningkatkan produktifitas telur ayam kampung.

Dalam membuat pakan alternatif ayam kampung ini diperlukan bahan-bahan utama serta bahan tambahan yang menjadi kunci untuk menekan biaya pakan untuk ayam kampung.

bahan-bahan yang digunakan nya pun tidak terlalu sulit, untuk selengkapnya mengenai bahan yang digunakan bisa melihatnya dibawah ini.

Cara membuat pakan alternatif untuk ayam kampung

  • Pohon talas

Bahan ini pasti mudah ditemukan didaerah kalian karena hampir disetiap daerah pasti ada bahan yang satu ini, untuk pohon talas ini dapat digunakan umbinya saja,

daun dan tangkainya saja atau bisa juga mengkombinasikannya, itu menurut selera kalian saja.

  • Beras dolog atau catu

Beras jenis ini yang akan digunakan untuk membuat pakan alternatif sebab harganya relatif lebih murah ketimbang beras pada umumnya.

  • Dedak bekatul

Untuk dedak bekatul ini sendiri bisa kalian pakai dedak dengan kualitas sedang ataupun yang bagus,

maksud dari dedak berkualitas sedang adalah dedak yang tidak terlalu halus atau kasar.

  • Tepung tulang

Tulang tepung atau tepung cangkang keong ini sebenarnya tidak wajib dicampurkan,

namun untuk memberikan nutrisi lebih pada pakan yang akan diramu ada baiknya mencampurkannya supaya kebutuhan akan nutrisi bisa terjaga.

Setelah semua bahan yang akan dipergunakan sudah siap makan sekarang adalah meramu bahan-bahan tersebut supaya bisa dikonsumsi oleh ayam kampung, berikut langkahnya :

  1. Cincang umbi talas atau daunnya sampai ukuran kecil atau kurang lebihnya berukuran 1 cm.
  2. Setelah umbi talas sudah dicincang lalu campurkan semua bahan seperti beras dolog, dedak, serta tepung tulang menjadi satu lalu tambahkan air secukupnya dan kemudian direbus sampai semua bahan hancur dan tercampur rata.
  3. Oh iya sebelum mencampur semua bahan tersebut kalian harus memperhatikan takarannya, untuk membuat pakan seberat 2 kg, kalian harus mencampurkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan untuk tepung tulangnya sendiri berikan sebanyak 1 sendok makan saja atau menurut selera kalian.
  4. Bila pakan sudah tercampur rata lalu angkat dan didinginkan, bila sudah dingin siap diberikan pada ayam kampung.

Pemberian pakan alternatif ini bisa dibilang lumayan karena selain bisa meningkatkan produktifitas telur juga bisa menekan biaya pakan hingga 50 %,

Namun ada kendala dari pakan alternatif ini yaitu soal adaptasi sebab ayam yang belum terbiasa dengan pakan ini.

kemungkinan ayam tidak mau memakannya namun lama-lama ayam tersebut pasti akan terbiasa dan mau tak mau harus memakannya.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini,Pakan alternatif untuk ayam kampung, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat…

Bagi temen-temen yang ingin berbagi pengalaman tentang ayam kampung, silahkan tulis di kolom komentar yaa.. sekian dari saya dan terima kasih.

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?"

Tinggalkan pesan "Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung, Apa Saja?"