Ragam Manfaat
Jul28

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !

0 komentar

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !

Sahabat NuansaTani.com Kacang merah merupakan pangan nabati yang tergolong dalam keluarga polong-polongan dengan kandungan gizi yang tinggi.

Kacang merah terbagi dalam berbagai jenis, yang populer di antaranya adalah red bean, kidney bean dan adzuki atau kacang merah kecil.

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !

Di Indonesia, kacang yang dikenal sebagai pengontrol berat badan ini belum banyak di konsumsi oleh masyarakat.

Padahal, manfaat yang dihadirkan dari kacang merah ini begitu beragam, beberapa di antaranya adalah:

Melancarkan Pencernaan

Salah satu kandungan yang sangat tinggi dalam kacang merah adalah serat. Dalam setiap 100 gram kacang merah terkandung 13 gram serat.

Serat tersebut ampuh untuk mendorong makanan dalam usus sehingga saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Serat ini juga sangat berguna untuk menjaga keasaman lambung untuk tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang merah mengandung kalium, folat, magnesium dan serat yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan juga sebagai penyeimbang kadar kolesterol dalam tubuh.

Rutin mengkonsumsi kacang merah ini, menjadikan kerja jantung menjadi ringan karena kerja pembuluh darah menjadi lancar dan tidak tegang.

Antikanker

Kacang merah kaya akan flavonoid yang berperan sebagai zat antikanker dan anti-alergi.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa telah terjadi penurunan risiko adenoma kolorektal (kanker usus besar) pada mereka yang mengonsumsi kacang merah secara teratur.

Meningkatkan Memori Otak

Kacang merah mengandung Vitamin B dan tiamin yang berfungsi mengoptimalkan reaksi enzim pada otak sehingga otak dapat bekerja dengan baik untuk mengoptimalkan memori.

Thiamin di dalam kacang merah dapat mencegah timbulnya penyakit kepikunan atau yang dikenal dengan Alzheimer.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang merah kaya akan senyawa antioksidan yang bertindak dalam melindungi kulit dan tubuh dari masalah kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak sehat, serta bertindak sebagai anti-penuaan sehingga kulit akan selalu nampak awet muda.

Namun meskipun baik untuk kesehatan, kacang merah ini juga bisa menimbulkan gas dalam usus.

Kacang merah mentah mengandung racun yang disebutĀ phytohaemagglutinin.

Racun alami pada kacang merah ini dapat memicu terjadinya gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing, diare hingga nyeri perut ekstrim.

Oleh karena itu, sebelum mulai dikonsumsi, sebaiknya kacang merah direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 8 jam atau semalaman.

Setelah direndam, kacang merah lalu direbus hingga lunak.

Setelah mengetahui beragam manfaat kacang merah yang bisa didapatkan, sayang rasanya jika hanya melewatkannya begitu saja.

Maka dari itu, mari memulai memasukan kacang merah ke dalam menu makanan kita misalnya dengan mencampurkannya ke dalam sop, minuman, ataupun memasukkannya ke dalam salad.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui ! Semoga Bermanfaat..

Referensi:

pertanianku.com

mediskus.com

alodokter.com

hellosehat.com

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !"

Tinggalkan pesan "Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah, Yang Harus Anda Ketahui !"