Budidaya
Agu25

Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!

0 komentar

Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!

Sahabat NuansaTani.com Bunga matahari atau sunflower adalah salah satu bunga yang sangat cocok untuk tumbuh di Indonesia.

Bunga matahari (Helianthus annuus) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikiran (Asteraceae). Tinggi tanaman mencapai 3-5 m tergantung varietasnya, daun tunggal lebar, batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak dan jarang bercabang.

Bunga indah ini memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu mengikuti pergerakan matahari (heliotropisme) sehingga fotosintesis lebih efisien 10% dari pergerakan ini.

Selain indah dipandang, bunga matahari juga berperan sebagai tanaman pelindung bagi tanaman budi daya pertanian misalnya padi. Dalam ilmu pertanian, dikenal dengan nama refugia.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Refugia Dalam Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan)

Refugia merupakan istilah yang menunjuk sekumpulan tanaman yang menyediakan tempat perlindungan dan sumber pakan bagi musuh alami pertanian, seperti serangga.

Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!

Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!

Bunga matahari merupakan salah satu tanaman refugia yang efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi. Bunga matahari dapat menarik predator jenis pirate bugs yang memangsa wereng, thrips, aphids, tungau, kepik, kutu putih serta laba-laba yangmemangsa thrips, tungau dan lalat bibit.

Sebagai musuh alami hama wereng, laba-laba bisa membuat jaring-jaring sutera yang ditempelkan di daun-daun dan juga ranting-ranting bunga matahari.

Jaring yang dibuat oleh laba-laba ini berguna untuk menjebak hama wereng dan serangga hama lainnya yang terbang yang kemudian laba-laba segera menghampiri dan menusukkan taringnya untuk melumpuhkan dan memangsanya.

Selain itu, tanaman bunga matahari ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti pupuk. Tanaman ini memiliki kandungan unsur Nitrogen (N) sebesar 4%, kemudian Fosfor (P) sebesar 4,1% dan Kalium (K) 0,59%.

Dengan kandungan komposisi yang demikian, apabila tanaman ini dijadikan kompos kemudian disebar ke tanah mampu menggantikan 25%-50% pupuk buatan NPK.

Peran penting lainnya adalah tanaman bunga matahari juga dapat dijadikan sebagai penghalang terjadinya erosi tanah. Sebab tanaman ini memiliki sistem perakaran yang kuat dan mampu menjadi penghalang turunnya tanah.

Bunga matahari juga dikenal memiliki banyak potensi bisnis yang menjanjikan seperti:

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sudah dikenal masyarakat luas sebagai bahan konsumsi. Permintaan biji bunga matahari ini juga sangat luas hingga harus mengimpor dari luar. Biji bunga matahari banyak mengandung asam folat dimana dalam 100 g biji bunga matahari terkandung 227,3 mcg asam folat.

Bunga Matahari sebagai Tanaman Hias

Bunga matahari dipilih menjadi tanaman hias karena memiliki keindahan yang tidak biasa. Banyak penggemar dari bunga matahari ini menanamnya sebagai tanaman hias. Bunga matahari dinilai memiliki perawatan yang mudah sehingga memiliki peluang untuk dibudi dayakan dan dijual untuk dijadikan tanaman hias.

Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari umumnya diproses dari esktrak biji bunga matahari. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji kira-kira 60 tandan bunga majemuk. Permintaan produk ini cukup tinggi karena dibutuhkan oleh industri kecantikan dan kesehatan.

Destinasi Wisata

Dengan keindahan yang dimiliki bunga matahari, muncul peluang usaha untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Jika budidaya bunga matahari dalam jumlah yang banyak dan beragam tentu akan memunculkan pesona alam yang luar biasa. Hal ini sudah dipraktekkan di Magelang, Jawa Tengah, sebagai salah satu proyek destinasi wisata baru yang diminati para wisatawan.

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !! Semoga Bermanfaat…

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!"

Tinggalkan pesan "Manfaat Bunga Matahari ( Refugia ) yang Jarang di Ketahui !!"