Ragam Manfaat
Okt22

Manfaat Buah Mengkudu, khasiat Ini yang akan anda dapat jika mengkonsumsinya

0 komentar

Manfaat Buah Mengkudu, khasiat Ini yang akan anda dapat jika mengkonsumsinya

NuansaTani.com-Ragam Manfaat- Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara.

Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun ada banyak orang yang kurang menyukai aroma dari buah ini.

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu (Picture by : Mengkudu.org)

Umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat di jadikan bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus.

Bagi sebagian Masyarakat lainnya yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, karena buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari manfaat.co.id, buah mengkudu saat ini ada sekitar 80 jenis. Dimana 20 jenis diantaranya bisa kita konsumsi, sedangkan 60 jenis mengkudu lainnya beracun, atau dengan kata lain berbahaya apabila kita konsumsi.

Maka dari itu, sebelum mengonsumsi buah mengkudu lebih baik Anda tanyakan terlebih dahulu kepada ahlinya ya.

Berikut manfaat mengkudu :

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah Mengkudu atau pace bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Zat scopoletin bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Hal itu dikarenakan zat scopeletin bisa melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Berikut Cara Pengaplikasian Buah Mengkudu Untuk Pengobatan

  1. Meredakan Batuk

Batuk bisa disebabkan bakteri dan virus yang ada di sekitar kita.

Mengkonsumsi buah mengkudu bisa bermanfaat untuk meredakan batuk dan menghilangkan batuk.

Zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan membunuh kuman dan penyakit yang ada di dalam tenggorokan.

Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Rebuslah dua buah mengkudu yang telah masak.
  • Campurkan dengan setengah daun bujanggut.
  • Rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih.
  • Sisakan hanya satu gelas saja.
  • Saring airnya dan minum selama dua kali sehari.
  • Pertama kali akan membuat rasa gatal di tenggorokan hilang, kemudian batuk akan mereda lama kelamaan.
  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kulit dan kesehatan. Sekarang ini banyak radikal bebas di sekitar kita.

Untuk menangkal radikal bebas diperlukan konsumsi buah mengkudu secara teratur.

Caranya bisa mengkonsumsi obat herbal dari sari mengkudu atau mengkonsumsi mengkudu secara langsung. Zat bioaktif di dalam mengkudu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.

  1. Meredakan Demam

Mannfaat Buah mengkudu juga digunakan untuk menghilangkan dan mengobati Demam. Cara mengobati demam menggunakan mengkudu adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buah mengkudu.
  • Campurkan dengan parutan kencur.
  • Rebus kedua bahan tersebut.
  • Gunakan dua gelas air dan sisakan hanya masih satu gelas saja.
  • Saring
  • Minum air rebusannya secara teratur.
  1. Mengatasi Diare

Bakteri salmonella dan e colli adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Diare bisa disembuhkan dengan mengkudu karena kandungan mengkudu tersebut memiliki zat anti bakteri.

Zat anti bakteri bisa membunuh bakteri salmonella / e colli dan mengobati diare.

  1. Meningkatkan Energi

Protein yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghasilkan energi di dalam tubuh. Selain dapat meningkatkan energi mengkudu memang terkenal sangat penting untuk membantu mengurangi rasa lemas.

  1. Menghilangkan sakit kuning

Sakit kuning bisa ditandai dengan bagian tubuh yang menguning, berat badan menurun, kulit keriput dan masih banyak lagi lainnya. Penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkudu bisa bermanfaat untuk menghilangkan sakit kuning yang dialami oleh penderitanya. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya.
  • Haluskan mengkudu dan peras mengkudu.
  • Masukkan madu ke dalam perasan mengkudu.
  • Aduk hingga rata.
  • Minum sebanyak tiga kali sehari.
  1. Mencegah Kanker

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Dislipidemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan faktor utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular.

Sebuah tim peneliti Pakistan-Saudi menggunakan ekstrak air dan etanol berbasis buah mengkudu, daun dan akar untuk mengobati tikus laboratorium di mana dislipidemia telah diinduksi.

Mereka menemukan bahwa ketiga ekstrak secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida pada hewan yang telah memiliki dislipidemia diinduksi melalui pemberian diet tinggi lemak. Hasil yang dipublikasikan di edisi 2010 “Lipid dalam Kesehatan dan Penyakit.”

Zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik).  Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

Baca Juga : Mahkota Dewa, menakjubkan manfaat dan khasiat sang Dewa herbal

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan manfaat buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal.

Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya.

Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang.

Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

Adapun Cara Pengaplikasian Manfaat Buah Mengkudu Untuk Pengobatan

  1. Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranpemakaian, gunakan dua buah Mengkudu yang telah masak di pohon tambahkan satu sendok makan madu. blender buahnya untuk diambil sarinya, kemudian dicampur dengan madu. diminum dua hari sekali.

  1. Buah Mengkudu Untuk Menyembuhkan Batuk

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. berikut resepnya  satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). campurkan bahan tersebut dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring kemudian, diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

  1. Buah Mengkudu Untuk Obat Sakit Perut

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Gunakan 2-3 helai daun mengkudu. cuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya dan kemudian diseduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

  1. Buah Mengkudu Untuk Mengobati Sakit Kuning

Gunakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 bungkul gula batu. kemudian, buah mengkudu diblender dan peras untuk diambil sarinya, kemudian dicampur dengan madu aduk sampai rata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

  1. Buah Mengkudu Untuk Demam, Masuk angin dan influenza

Gunakan 1 buah mengkudu tambahkan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, kemudiant diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

  1. Buah Mengkudu Untuk Mengatasi kulit bersisik

Untuk ramuan buah mengkudu mengatasi kulit bersisik dengan Cara, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

  1. Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Hipertensi.

Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon tambahkan 1 sendok makan madu. Kemudian buah mengkudu di blender dan diperas untuk diambil sarinya, kemudian dicampur dengan madu aduk sampai merata dan disaring. Minum dan diulangi dua hari sekali.

  1. Buah Mengkudu Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Manfaat Buah mengkudu mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita karena didalam buah mengkudu teradapat kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus .

Tips Untuk memanfaatkan Buah Mengkudu Agar Lebih Berkhasiat.

Jika Ingin Mendapatkan Manfaat Buah Mengkudu dengan semaksimal mungkin maka usahakan untuk mengambil sarinya,

 hal ini dapat dilakukan dengan cara di blander ataupun di serut sesuai dengan kebutuhan setelah hal tersebut di lakukan saring degan penyaring yang lembut agar kita benar-benar mendapatkan sarinya yang tanpa ampasnya dan juga kita dapat tambahkan madu secukupnya untuk di gunakan pengobatan.

Buah mengkudu, daun, bunga, batang, kulit kayu bahkan akarnya banyak digunakan sebagai media pengobatan herbal. Efektivitas buah mengkudu ini sebenarnya belum terbukti. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) telah mengeluarkan beberapa peringatan kepada produsen obat herbal dari mengkudu, yang mengklaim kesehatan yang tidak didukung oleh fakta. Sehingga kita sebagai konsumen, harus pintar-pintar memilih pengobatan yang memang benar-benar aman.

Sekian Catatan Nuansatani.com Kali ini, Manfaat Buah Mengkudu, khasiat Ini yang akan anda dapat jika mengkonsumsinya

Sumber :

Manfaat.co.id

Indonews.co.id

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Buah Mengkudu, khasiat Ini yang akan anda dapat jika mengkonsumsinya"

Tinggalkan pesan "Manfaat Buah Mengkudu, khasiat Ini yang akan anda dapat jika mengkonsumsinya"