Ragam Manfaat
Okt9

Manfaat Buah Alpukat Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mengkonsumsinya

0 komentar

Asalamualaikum sahabat Nuansatani.com, apa kabar? Semoga kita senantiasa di beri kesehatan, kali ini kita akan bahas Manfaat Buah Alpukat.. apa saja ? yuk kita simak dan baca bersama…

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat ( Picture by :Republika)

Alpukat yang memiliki nama latin Persea americana,  bisa dikatakan sebagai buah yang luarbiasa, karena selain rasanya yang lezat, buah yang satu ini juga banyak memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Dengan tekstur yang lembut membuat buah ini menjadi primadona untuk di konsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika memakan alpukat itu buruk bagi kesehatan karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian.

Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan atau program diet.

Berikut Manfaat Buah Alpukat :

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak di antara kita yang senantiasa ingin memiliki berat badan yang ideal baik laki-laki atau pun perempuan, bukan hanya untuk penampilan tapi juga untuk kesehatan.

Nah salah satunya untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi buah alpuket, Masih banyak masyarakat Indonesia yang sangat terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini dianggap baik untuk menurunkan berat badan.

Namun penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Energi pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan anda rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang diet.

Sangat mudah menambahkan alpukat kedalam diet sehat Anda, karena buah ini bisa dimasukkan kedalam jenis makanan seperti salad.

Alpukat juga lezat dimakan begitu saja, atau ditambahkan kedalam es buah segar

Untuk Tips diet dengan alpukat nya :

  • Konsumsi alpukat sebelum makan
  • Jangan campurkan dengan gula yang berlebihan
  • Jangan jampurkan dengan susu.
  • Makan langsung tanpa jus akan sangat membantu
  • Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam, sebelum makan

Baca Juga ya : Manfaat Lidah Buaya, yang Akan Membuat Anda terkejut !!

  1. Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Siapa sih yang tidak memiliki kulit sehat dan cantik, biasanya kaum hawa nih, bukan hanya kaum hawa, kaum adam pun tidak ada salah nya untuk memelihara kesehatan kulit dengan manfaat dari buah alpukat ini, bagaimana cara nya? Gini nih !!

  • Cara penggunaan Manfaat buah alpukat ke- 1

Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan dengan air hangat kurang lebih 30 menit, efektif untuk mencegah keribut dan menghaluskan kulit

  • Cara Penggunaan Manfaat Buah alpukat ke-2

Haluskan setengah buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Setelahnya gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah / kulit lainnya.

Manfaat alpukat  dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan dan agar kulit terlihat sehat alami.

Buah Alpukat juga Sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Makan alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein, yang akan melindungi kita dari degenerasi yang di sebabkan oleh bertambahnya usia seperti makula dan pembentukan katarak.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

  1. Melindungi Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Manfaat buah Alpukat yang ke 4 ,ya salah satu untuk menjaga agar rambut tetap cantik dan sehat adalah dengan memanfaatkan buah alpukat.. caranya? Gini!!

  • Sediakan 1 buah alpukat matang
  • Haluskan / jus tanpa campuaran apa pun.
  • Bilas pada rambut langsung
  • Biarkan 15 menit
  • lalu bilas hingga bersih.

Rasakan efeknya dalam beberapa minggu setelah dilakukan.

Alpukat untuk rambut sudah lama digunakan di berbagai negara, pelopornya adalah penduduk mesir kuno.

Penggunaan alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai creambath.

Manfaat creambath sendiri dapat membantu untuk menghitamkan rambut, membuat rambut sehat berkilau.

Manfaat vitamin rambut yang terdapat pada alpukat memang sangat dibutuhkan.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Diabetes

apa peran dari alpukat untuk masalah ini ? alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah).

Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan.

Jika anda merasa sering lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter.

  1. Menghambat Pertumbuhan Terhadap Sel Kanker

Buah alpukat memiliki beberapa senyawa yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencari sel kanker baru timbul yang kemudian menghancurkannya begitu menemukannya.

Uniknya lagi tidak ada dampak yang buruk pada sel-sel kesehatan yang aktif lainnya.

  1. Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Kandungan asam folat dalam Buah alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

Cukup banyak kan manfaat buah alpukat, tentunya jika di barengi dengan pola makan dan olah raga yang cukup, tubuh kita akan lebih sehat..

Sekian untuk catatan Ragam Manfaat di Nuansatani.com ini, Manfaat Buah Alpukat semoga artikel ini bermanfaat…

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Buah Alpukat Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mengkonsumsinya"

Tinggalkan pesan "Manfaat Buah Alpukat Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mengkonsumsinya"