Budidaya
Des7

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

1 komentar

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

Sahabat NuansaTani.com Selain dikonsumsi untuk pribadi, menanam cabai sendiri juga mampu mendatangkan keuntungan jika dikelola dengan baik.

Terlebih lagi, harga jualnya akan lebih tinggi dibanding cabai yang didapatkan dari pasar.

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

Menanam cabai sendiri memang merupakan kegiatan yang memiliki segudang manfaat. Tahukah Anda bahwa menanam dapat meredakan stres.

Selain itu, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan yang belum pernah didapatkan jika tidak menanam cabai sendiri dengan serius.

Sebab, untuk memulai menanam dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni agar dapat memanen hasil yang berkualitas.

Tentunya, keuntungan lainnya yang tidak kalah menarik adalah keuntungan dalam bentuk uang alias hasil penjualan cabai sendiri.

Menanam pohon cabai terbilang cukup mudah, dapat dilakukan di polibag. Bibit yang dapat digunakan merupakan varietas hibrida unggulan.

Untuk tanah seluas 100m2 dapat diisi oleh 165 polibag cabai dan memiliki periode penanaman selama 1 tahun.

Budidaya ini dapat Anda lakukan seorang diri agar lebih mengenal dengan baik ilmu tanam cabai dan menghemat biaya tenaga kerja.

Baca Juga :

Saat ini penjualan hasil panen dapat dengan mudah untuk dilakukan. Selain menggunakan cara manual seperti menawarkan di lingkungan sekitar, Anda dapat melakukan promosi dengan skala yang lebih luas melalui internet seperti media sosial.

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!

Biaya tetap yang dibutuhkan untuk memulai budidaya ini adalah sebesar Rp574.000 untuk membeli polibag sebanyak 170 buah dan peralatan pendukung lainnya.

Biaya tetap ini diasumsikan mampu bertahan selama 3 tahun. Pengembalian modal biaya tetap dapat Anda angsur setiap 1 tahun sekali sebesar Rp192.000.

Sementara, untuk biaya variabel per tahun Anda harus mengeluarkan sebesar Rp933.000.

Biaya ini untuk membeli benih cabai, pupuk kandang, sekam, kapur, dan ajir bambu. Biaya total per tahun yang harus Anda keluarkan sebesar Rp192.000 + Rp933.000 = Rp1.125.000.

Penanaman yang berhasil akan menghasilkan produksi sebesar 340 kg / 2kg / pohon/ Tahun dengan harga jual Rp45.000 per kg.

Dengan begitu, laba kotor yang akan Anda dapatkan sebesar Rp15.300.000. Untuk laba bersih setelah dilakukan pengurangan biaya total akan didapatkan sebesar Rp15.300.000 – Rp1.125.000 = ┬áRp : 14.175.000 per satu periode penanaman atau dalam jangka waktu satu tahun. Menjanjikan, bukan?!

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !! Semoga Bermanfaat !!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!"

Satu Respon

  1. Cara Membuat Biji Tomat Menjadi Benih !! – NuansaTani.Com1 bulan ago

    […] Baca Juga : Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !! […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Keuntungan Menanam Cabai Sendiri di Pekarangan !!"