Budidaya
Jan20

Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?

0 komentar

Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?

Sahabat NuansaTani.com, Dalam budidaya tanaman padi, tanam serempak sangatlah dianjurkan oleh Para Ahli Pertanian dan Pemerintah.

Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?

Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?

Dengan tanam serentak , sebenarnya membantu petani dalam mengendalikan hama yang biasa menyerang tanaman di karenakan hama yang biasa menyerang tidak terfokus pada satu petak saja, melainkan tersebar pada satu hamparan sehingga intensitas serangan/ populasi hama dapat berkurang.

Namun sayangnya hingga saat ini petani cenderung kurang memperhatikanya pentingnya tanam serempak.  bahkan petani sekarang lebih memilih tanam diwaktu kapan saja.

hal ini tentu sangat rugikan petani itu sendiri, kerugian yang ditimbulkan dari tanam tidak serempak sangat banyak, berikut beberapa Kerugian  Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ? yuk kita simak dan Baca bersama !!

  • Tidak terputusnya siklus hama

Hal Ini Tentu sangat tidak bisa dihindarkan jika petani tetap saja melakukan penanaman secara tidak serempak.

tidak terputusnya siklus hama jelas tidak bisa di hidari karena ketersediaan makanan untuk cukup bagi hama sehingga hama akan tetap bisa berkembangbiak dengan cara berpindah-pindah dari petak satu ke petak yang lain.

mengakitbatkan lahan pertanian milik petani akan mudah terserang hama.

  • Terjadi lonjakan Populasi hama

Dengan tidak terputusnya siklus hama yang ada dilahan pertanian milik perani, tentunya akan mengakibatkan terjadinya lonjakan Populasi hama.

hal ini tentunya sangat merugikan para petani karena akan menguluarkan biaya ekstra hanya untuk pengendalian hama.

  • Frekueni Pengendalian hama yang lebih banyak

Peningkatan lonjakan populasi pada hama mengakibatkan dilakukannya pengendalian secara terus menerus dengan frekusnsi yang dekat.

pengendalian tentu nya banyak memakan dana, waktu dan tenaga untuk budidaya

  • Banyak Biaya, waktu dan tenaga yang terbuang

Peningkatan populasi OPT/ hama memaksa untuk dilakukannya pengendalian, namun bagai mana jika hama terus menerus meningkat, maka dilakukannya dengn frekuensi yang dekat dan itu berpengaruh pada dana yang dikeluarkan tentunya waktu dan tenaga yang melelahkan.

  • Hasil yang tidak maksimal

Semua budidaya Tanaman tentu mengharapkan hasil yang maksimal, namun jika penanaman tidak seremapak maka hal itu menjadi lebih sulit di laksanakan dikarenakan hama yang menyerang akan meningkat dan lebih rakus jika dilakukan penanaman tidak serempak

Baca Juga : Cara Mencegah Tanaman Padi Agar Tidak Rebah Atau Ayeuh !!

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Kerugian  Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ? semoga bermanfaat..

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?"

Tinggalkan pesan "Kerugian Jika Tanam Padi Tidak Serempak, Apa Saja ?"