Hama dan Penyakit
Des16

Karakteristik Pestisida, Apa Saja?

0 komentar

Karakteristik Pestisida, Apa Saja?

Sahabat NuansaTani.com Dalam pengendalian hama terpadu (PHT) penggunaan pestisida adalah langkah terakhir dalam mengendalikan OPT.

Karena Dalam Pengendalian Hama Terpadu (PHT) mengedepankan pengelolaan agroekosisitem dengan memadukan teknik-teknik pengendalian OPT yang ramah lingkungan, pengambilan keputusan adalah hal penting dalam pengenggunaan pestisida.

 Pengambilan keputusan yang tidak tepat dapat merugikan selain dari segi lingkungan tentunya juga dari sisi ekonomi karena biaya yang di keluarkan, pengamatan petakan yang di curigai adalah langkah pertama yang harus di lakukan untuk memutuskan perlu/tidak nya menggunakan pestisida dalam mengendalikan OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan).

Karakteristik Pestisida, Apa Saja?

Karakteristik Pestisida, Apa Saja? (Picture By: Pertanianku)

Untuk Menentukan pestisida yang tepat, perlu diketahui karakteristik pestisida yang meliputi efektivitas, selektivitas, fitotoksitas, residu, resistensi, LD 50, dan kompabilitas

Berikut Penjelasan Lengkap mengenai Karakteristik Pestisida :

Efektivitas

Merupakan daya bunuh pestisida terhadap organisme pengganggu. Pestisida yang baik seharusnya memiliki daya bunuh yang cukup untuk mengendalikan organisme pengganggu dengan dosis yang tidak terlalu tinggi, sehingga memperkecil dampak buruknya terhadap lingkungan.

Selektivitas

Selektivitas sering disebut dengan istilah spektrum pengendalian, merupakan kemampuan pestisida untuk membunuh beberapa jenis organisme.

Pestisida yang disarankan didalam pengendalian hama terpadu adalah pestisida yang berspektrum sempit.

Fitotoksitas

Fitotoksitas merupakan suatu sifat yang menunjukkan potensi pestisida untuk menimbulkan efek keracunan bagi tanaman yang ditandai dengan pertumbuhan yang abnormal setelah aplikasi pestisida.

Residu

Residu adalah racun yang tinggal pada tanaman setelah dilakukan penyemprotan yang akan bertahan sebagai racun sampai batas tertentu.

Residu yang bertahan lama pada tanaman akan berbahaya bagi kesehatan manusia tetapi residu yang cepat hilang efektivitas pestisida tersebut akan menurun.

Persistensi

Persistensi merupakan kemampuan pestisida bertahan dalam bentuk racun di dalam tanah. Pestisida yang mempunyai persistensi tinggi akan sangat berbahaya karena dapat meracuni lingkungan.

Resistensi

Resistensi merupakan kekebalan organisme pengganggu tumbuhan terhadap aplikasi suatu jenis pestisida.

Jenis pestisida yang mudah menyebabkan resistensi organisme pengganggu sebaiknya tidak digunakan.

LD 50 atau Lethal Dosage 50%

Berarti besarnya dosis yang mematikan 50% dari jumlah hewan percobaan

Kompatabilitas

Kompatabilitas adalah kesesuaian suatu jenis pestisida untuk dicampur dengan pestisida lain tanpa menimbulkan dampak negatif.

Informasi tentang jenis pestisida yang dapat dicampur dengan pestisida tertentu biasanya terdapat pada label di kemasan pestisida.

Baca Juga : Prinsip 6 Tepat Penggunaan Pestisida yang Sesuai dengan Pengendalian Hama Terpadu (PHT)

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Karakteristik Pestisida, Apa Saja? Semoga Bermanfaat…

 

Tag:
Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Karakteristik Pestisida, Apa Saja?"

Tinggalkan pesan "Karakteristik Pestisida, Apa Saja?"