Budidaya
Sep9

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

0 komentar

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

Ketika bunga aster memasuki usia 3 – 4 bulan, Anda bisa memetiknya dengan sangat hati – hati.

Bunga aster dipetik saat 3 hari sebelum mekar penuh atau ketika kuntum bunga sudah setengah mekar. Anda harus memetiknya ketika cuaca cerah, yakni pagi hari atau sore hari.

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

Cara memetik aster tidak boleh asal petik menggunakan tangan, melainkan menggunakan gunting pangkas, dengan cara memangkas tangkai bunga aster sepanjang 50 – 70 cm tergantung jenis tanaman aster yang Anda tanam.

Cara Menjaga Kesegaran Bunga Aster Setelah Dipetik

Ada  masanya bunga aster yang Anda potong akan menjadi cepat layu dan mengering. Supaya kesegaran bunga aster tetap terjaga di pot hias, Anda harus mengatur kebutuhan nutrisinya.

Kebutuhan nutrisi yang dimaksud disini yaitu kebutuhan sumber makanan. Anda bisa menyediakan gula pasir  untuk memenuhi kebutuhan sukrosa aster yang sudah menjadi bunga hiasan ini. Bunga aster yang dipajang itu membutuhkan sukrosa 3 – 5 persen saja. Jadi, Anda bisa larutkan gula pasir dalam 100 ml air dan tuangkan ke dalam pot hias yang berisi bunga aster tersebut.

Selain gula pasir, Anda juga bisa membeli pengawet bunga aster seperti Florissant dan Chrysal AVB. Supaya kesegaran bunga aster bisa bertahan selama 2 minggu di dalam pot di ruangan tertutup sekalipun. Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang hendak menanam bunga aster yang cantik ini, usia tanam bunga aster hanya bertahan hingga dua tahun saja.

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?

Jadi, jika bunga aster Anda sudah mati karena usia yang ditandai dengan bunga sudah tidak berbunga lagi, juga tanaman menjadi cepat layu, Anda bisa langsung mengganti tanaman aster ini dengan bibit yang sebelumnya sudah Anda semai atau bisa juga tunas bunga aster.

Bunga aster adalah bunga yang cantik dan sangat mudah untuk dibudidayakan baik di kebun atau perkarangan rumah dala pot. Itulah tadi penjelasan tentang cara budidaya bunga aster beserta cara perawatannya. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mulai menanam bunga aster tanpa keraguan.

Mengendalikan Hama Bunga Aster

Cara budidaya aster memang cukup mudah, namu harus diperhatikan hama yang mungkin mengganggu.

Hama yang sering menyerang tanaman aster yakni ulat minirder. Hama ini merusak daun aster dengan membuat lorong berliku – liku pada daun, sehingga daun menjadi kering dan rontok.

Untuk mengatasi serangan ulat minirder yang nakal ini, Anda harus menyemprotnya dengan insektisida Curacron 500EC atau Decis 2,5 EC.

Selain ulat minirder, daun aster juga rawan akan serangan cendawan Phythopthora sp. Hama ini bukan hanya menyerang daun hingga mengering kecokelatan sampai hitam, namun juga merusak tanaman aster hingga menjadi layu dan mati busuk.

Jika serangan cendawan Phythopthora sp ini masih tergolong dini, Anda cukup potong bagian tanaman yang terserang lantas bakar.

Lain hal bila serangan cendawan Phythopthora sp ini sudah membabi buta, Anda perlu menyemprotkan fungisida Dithane M-45, Scrobat 50WP, atau Kocide 77WP.

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster? Semoga Bermanfaat …

Tag:
Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?"

Tinggalkan pesan "Kapan Waktu Terbaik Memetik Bunga Aster?"