Peternakan
Des31

Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak !!

0 komentar

Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak  !!

Sahabat NuansaTani.com, Usaha peternakan sapi potong , memang memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Dalam hal ini, Sistem penggemukan sapi yang paling efisien dan menguntungkan adalah dengan cara penggemukan sapi secara intensif.

Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak !!

Cara Penggemukan Sapi secara Intensif ( Picture By : Jitunews)

Penggemukan sapi dengan cara ini memiliki keuntungan, yaitu disamping dapat meningkatkan nilai jual sapi juga dapat memberikan nilai tambah terhadap kotoran ternak atau pupuk kandang yang dihasilkan.

Usaha pemeliharaan sapi secara intensif telah banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia terutama di daerah-daerah yang mempunyai ketersediaan hijauan ternak yang cukup banyak.

Jika anda ingin memulai melakukan cara penggemukan sapi secara intensif, pemilihan jenis sapi hendaknya disesuaikan dengan potensi pakan dan kemampuan adaptasi di daerah setempat agar pertambahan bobot badan sapi dapat di capai secara maksimal.

Jika sudah memerhatikan faktor pemasarannya, sekarang saatnya mengaplikasikan langkah jitu dalam cara penggemukan sapi potong secara intensif :

  • Sapi dipelihara dalam kandang terus-menerus dan tidak digembalakan. Ternak sapi hanya sewaktu-waktu dikeluarkan, yakni pada saat membersihkan kandang dan sapi.
  • Semua kebutuhan ternak, baik berupa pakan maupun air minum harus disediakan oleh peternak sesuai dengan kebutuhannya. Pakan yang diberikan berupa campuran rumput, leguminosa, dan makanan penguat (konsentrat).
  • Sapi penggemukan tidak untuk dijadikan tenaga kerja. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi sepenuhnya diubah menjadi daging dan lemak sehingga pertumbuhan bobot badan meningkat secara cepat.
  • Agar lebih optimal dalam memanfaatkan nutrisi, sapi harus terbebas dari penyakit cacingan. Oleh karena itu, pada awal masa penggemukan, ternak sapi terlebih dahulu diberikan obat cacing.
  • Jika diperlukan, untuk meningkatkan palatabilitas/nafsu makan perlu diberikan molases dan vitamin.
  • Lama penggemukan bervariasi bergantung pada kualitas pakan yang diberikan serta kondisi awal dan bobot sapi yang digemukkan. Waktu penggemukan biasanya berkisar 3—10 bulan.

Beberapa faktor yang sangat penting dan memengaruhi sistem penggemukan pada ternak sapi adalah teknik pemberian pakan/ransum, luas lahan yang tersedia, umur dan kondisi sapi yang akan digemukkan, serta lama penggemukan.

Baca Juga : Cara Menentukan Bibit Sapi Limousin yang Baik, Peternak Wajib Tau!!

Syarat pakan untuk cara penggemukan sapi secara intensif sebagai berikut :

  1. Hendaknya cukup mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.
  2. Disukai ternak (palatabilitas tinggi).
  3. Bersih dan tidak tercemari kotoran atau bibit penyakit. Hindari mengambil atau memanen rumput pagi hari sebelum matahari terbit karena biasanya sangat rentan terdapat telur cacing.
  4. Tidak boleh dalam keadaan rusak.
  5. Hindari pakan berembun yang dapat menyebabkan kembung/kejang perut pada ternak.

Sekian Catatan Nuansatani.com Kali ini, Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak  !! Semoga Bermanfaat..

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak !!"

Tinggalkan pesan "Cara Penggemukan Sapi secara Intensif, yang wajib diketahui peternak !!"