Hama dan Penyakit
Agu11

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

0 komentar

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

Sahabat NuansaTani.com Tanaman Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cantik yang dapat memperindah suasana rumah anda, namun kualitas keindahan bunga anggrek dapat menurun, dan hal tersebut terjadi akibat gangguan hama penyakit yang biasa menyerang tanaman anggrek

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

Yuk kita baca dan simak bersama.. Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek sebagai berikut :

Tangkap kutu tempurung dan kutu putih dengan tangan. Tanda-tanda serangan kedua hama ini meliputi daun yang lengket dan kapang jelaga yang berwarna hitam.

Gunakan tangan Anda untuk menyingkirkan semua serangga yang terlihat baik pada bagian atas maupun bawah daun serta batang bunganya

Bersihkan daun yang terserang hama dengan air sabun.

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !

Setelah menyingkirkan serangga penyebabnya dengan tangan, tuang sedikit sabun cuci piring ke dalam semangkuk atau secangkir air kemudian larutkan dengan air bersuhu ruang.

Celupkan lap halus ke dalam larutan ini, kemudian usapkan dengan lembut ke masing-masing daun dan batang bunga anggrek.

Air sabun akan menghilangkan sisa lengket dan kapang jelaga sekaligus membunuh serangga yang tersisa

Semprotkan insektisida jika masalah ini masih terjadi. Jika Anda telah menyingkirkan serangga serta membersihkan daun tetapi masih menemukan tanda-tanda serangan hama, belilah insektisida di toko berkebun sekitar.

Mintalah bantuan penjual di sana untuk memilih insektisida yang aman untuk anggrek. Ikuti petunjuk pemakaian insekstisida yang tertera dalam kemasannya

Pangkas jaringan tanaman yang sakit. Jika Anda menemukan daun-daun anggrek yang berubah warna atau berbintik-bintik (mungkin berwarna krem, kuning, cokelat, atau hitam), kemungkinan anggrek sedang terserang penyakit.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memangkas jaringan yang terserang penyakit sesegera mungkin.

Gunakan alat potong steril untuk memangkas daun, batang, dan bunga yang sakit. Pastikan untuk mendisinfeksi peralatan berkebun Anda sebelum dan sesudahnya

  • Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus membuang seluruh tanaman untuk mencegah penyakitnya menyebar.

Atasi infeksi pada tanaman dengan fungisida atau bakterisida. Infeksi bakteri yang lazim terjadi pada anggrek meliputi akar cokelat, akar hitam, dan bintik cokelat yang ditandai dengan kemunculan bintik-bintik gelap pada daun dan umbi semunya.

Infeksi jamur yang lazim terjadi pada anggrek meliputi hawar dan busuk akar yang ditandai dengan pembusukan pada akar, umbi semu, dan daun.

Setelah memangkas jaringan yang terinfeksi, semprotkan fungisida atau bakterisida sesuai penyebab penyakit pada anggrek.

  • Produk-produk ini tersedia di toko berkebun sekitar.

Jika daun anggrek keras dan mengerut, tetapi akarnya padat dan berwarna hijau atau putih, Anda mungkin kurang memberikan air. Sementara itu, jika akarnya tampak tidak sehat atau hilang, Anda mungkin terlalu banyak memberikan air.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !Semoga bermanfaat..

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !"

Tinggalkan pesan "Cara Pengendalian Hama Penyakit Anggrek !"