Budidaya
Agu19

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

0 komentar

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Sahabat NuansaTani.com Dalam budidaya tanaman cabai, Kegiatan pemupukan menjadi salah satu bagian yang sama pentingnya dengan pengolahan tanah atau pengendalian hama penyakit.

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Seringkali masalah klasik yang muncul dalam kegiatan pemupukan adalah tidak efektif atau kurang tepatnya aplikasi pupuk yang diberikan.

Jika pupuk yang diberikan sedikit pertumbuhan tanaman menjadi lambat, tetapi jika terlampau berlebihan berakibat pada gejala overdosis dan pemborosan biaya.

Pada tanaman cabai kebutuhan pupuk akan bertambah seiring dengan bertambahnya fase pertumbuhan. Selain pupuk dasar, tanaman cabai juga membutuhkan pemupukan susulan.

Pemberian pupuk susulan dimaksudkan agar tanaman cabai tidak kekurangan nutrisi pada saat pertumbuhan vegetatif hingga tanaman berbuah.

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Pemupukan dasar

Pemupukan dasar dilakukan pada tahap awal penanaman tanaman cabai sebelum penutupan dengan mulsa plastik. Dosis pupuk dasar yang digunakan disesuaikan dengan musim tanam cabai.

Untuk musim penghujan, dosis pupuk yang diberikan adalah :

  • SP36 400 kg,
  • Za 150 kg,
  • KCl 400 kg,
  • dolomit 3 ton dan pupuk kandang 6 ton.

Sementara jika tanaman cabai ditanam saat musin kemarau, maka dosis pupuk yang diberikan adalah :

  • SP36 350 kg,
  • Za 200 kg,
  • KCl 350 kg,
  • dolomit 2 ton dan pupuk kandang 5 ton.

Pupuk tersebut diberikan dengan cara disebar merata di permukaan bedengan dan diaduk dengan kedalaman 15-20 cm.

Baca Juga : Tips Sukses Menanam dan Budidaya Cabai Rawit di Pot dan Polybag agar Berbuah Lebat

Selanjutnya pupuk dibiarkan selama 2-3 minggu agar tercampur serta larut terdegradasi dengan tanah, baru kemudian bedengan ditutup dengan mulsa plastik.

Perbedaan pemberian pupuk dasar ini dilakukan karena adanya perbedaan respon tanaman cabai di kedua musim tersebut serta jenis OPT yang menyerang di kedua musim itu berbeda.

Pemupukan susulan

Pemberian pupuk susulan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara pengocoran dan dengan cara ditabur.

Aplikasi kedua cara tersebut disesuaikan dengan kondisi. Jika musim kemarau pemupukan susulan lebih efektif dengan cara pengocoran, sedangkan jika musim hujan pemupukan susulan dilakukan dengan cara ditabur.

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!

Pengocoran dilakukan dengan membuat lubang di sisi tanaman dengan jarak 15 cm dari batang tanaman. Sedangkan cara tabur dapat dilakukan dengan menaburkan pupuk disekeliling tanaman dengan jarak 15 cm dari batang utama.

Pemupukan susulan dilakukan saat tanaman cabai mulai memasuki umur 10 HST atau pada saat kondisi perakaran tanaman cabai telah dapat beradaptasi atau tumbuh dilahan yang baru.

  • Pemupukan susulan I (umur 10 hst), sebanyak 4 kg pupuk NPK 16 dilarutkan dengan 250 liter air kemudian dikocorkan pada tanaman cabai dengan dosis 250 ml / tanaman.
  • Pemupukan susulan II (umur 17 hst) juga dilakukan dengan cara dikocor. Dosis dinaikkan sedikit, yaitu 6 kg pupuk NPK 16 dilarutkan dengan 250 liter air dan dikocorkan pada tanaman cabai dengan dosis 250 ml / tanaman.
  • Pupuk Susulan III (umur 24 hst), pupuk yang digunakan adalah Urea 1 kg, NPK 4 kg, KNO Putih 1 kg, TSP 1 kg dan MKP 1 kg.
  • Pupuk Susulan IV (umur 30 hst) bisa menggunakan pupuk Urea 1 kg, NPK 4 Kg, KNO Putih 2 kg, TSP 2 kg dan MKP 1 kg.
  • Pupuk Susulan V (umur 40 hst) menggunakan NPK 6 kg, KNO putih 2 kg, TSP 2 kg dan MKP 2 kg.
  • Pupuk Susulan VI (umur 50 hst) dan seterusnya menggunakan NPK 8 kg, KNO putih 2 kg, TSP 3 kg dan MKP 2 kg.

Pemupukan susulan dilakukan hingga tanaman memasuki panen ke-7, setelah itu tidak perlu dilakukan pemupukan susulan, karena secara otomatis produktifitas tanaman akan menurun.

Baca Juga : Penyebab Keriting Daun Cabai dan Cara Mengatasinya

Cara pemupukan susulan di atas adalah panduan umum dan tidak mutlak. Sebab kenyataan di lapangan bisa berubah, sesuai dengan kondisi tanaman dan tingkat kesuburan tanah.

Dan juga setiap tanah memiliki kandungan hara yang berbeda-beda. Dosis dan pupuk yang digunakan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tanaman.

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!! Selamat Mencoba !!

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!"

Tinggalkan pesan "Cara Pemupukan Tanaman Cabai, Agar Berbuah Lebat!!"