Info Praktis, Peternakan
Nov4

Cara merawat Kucing Anggora, ini Tips Praktisnya untuk anda!!

0 komentar

Cara merawat Kucing Anggora, ini Tips Praktisnya untuk anda!!

Sahabat Nuansatani.com, Bagi para pecinta kucing, memiliki peliharaan di rumah khususnya kucing anggora, selalu menjadikan kesenangan dan kebahagiaan tersendiri, karena tingkah polah mereka yang menggemaskan.

Cara merawat kucing anggora

Kucing Anggora

Namun, agar kesehatan peliharaan kita yang lucu dan menggemaskan tetap terjaga, nah berikut tips praktisnya untuk anda, Cara merawat kucing anggora..

Yuk kita simak dan baca bersama..

Setiap kucing memiliki perawatannya masing-masing yang mana perawatan tersebut berfungsi untuk menjaga kucing dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatannya.

Meski harganya mahal, namun ternyata Kucing Anggora ini memiliki perawatan yang mudah sehingga Anda tidak akan dibuat repot dengan perawatan Kucing Anggora ini.

Hanya dengan memerlukan beberapa jam sehari sehari ,  Anda sudah dapat merawat Kucing Anggora dengan baik, berikut ini Tips praktis Cara Merawat Kucing angora :

  • Pilihlah Makanan yang Tepat

Pertama-tama adalah pilihlah makanan yang tepat,  Makanan adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan Kucing Anggora.

banyak sekali  Di Pet Shop makanan dan minuman yang dikhususkan untuk Kucing Anggora.

Anda dapat memilih dan menyeleksi makanan apa yang benar-benar cocok untuk diberikan kepada Kucing Anggora Anda.

Hal itu dikarenakan tidak semua produk makanan tersebut baik untuk kesehatan kucing angora  Anda.

Jika kucing Anda memiliki riwayat alergi makanan, sangat disarankan untuk selektif dalam memilih makanan-makanan tersebut.

Bacalah komposisi makanan apakah ada bahan yang bisa membuat kucing Anda menjadi terkena alergi.

Khusus untuk Kucing Anggora ini jangan memberikannya makanan yang wet food karena makanan tersebut tidak bagus untuk bulu dan memperpendek umur Kucing Anggora.

2)      Pilihlah Minuman yang tepat

Makanan dan minuman menjadi 2 hal yang tidak dapat di pisahkan dalam memelihara kesehatan kucing angora, Selain memberikan makanan yang tepat, Anda juga harus memberikannya minuman yang tepat.

Salah satunya adalah susu disebut sebagai minuman yang baik untuk kucing, Namun jika diberikan secara berlebihan tetap saja akan membuat kesehatan kucing anda terganggu.

Susu yang berlebihan bisa membuat Kucing Anggora mengalami diare dikarenakan kandungan laktosa di dalamnya.

Kucing Anggora juga bisa mengalami kerontokan bulu dan gatal-gatal di seluruh kulitnya terutama jika memiliki alergi.

Tips nya Jangan memberikan susu khusus untuk manusia kepada kucing karena kandungannya berbeda.

Jika ingin memberikan air untuk Kucing Anggora, sebaiknya berilah air matang yang sudah matang dan jangan memberikannya air mentah sebab air mentah tersebut mengandung bakteri.

3)      Menyimpan Makanan dengan Baik

Cara merawat Kucing Anggora yang tidak kalah pentingnya adalah penyimpanan makanannya. Penyimpanan makanan yang salah bisa membuat kesehatan kucing tersebut akan terganggu.

Berikut ini adalah cara menyimpan makanan Kucing Anggora yang benar:

  • Tempat Penyimpanan Selalu Kering

Makanan Kucing Anggora harus disimpan dalam tempat yang kering.

Jangan pernah menyimpan makanan tersebut di ruangan yang lembap, hal itu dikarenakan kondisi yang lembap tersebut akan membuat bakteri dan jamur bisa muncul di makanan tersebut.

Meskipun tanggal kadaluwarsa masih lama namun tempat yang lembap akan membuat makanan tersebut ditumbuhi  bakteri patogen sehingga tidak bagus jika diberikan ke kucing.

  • Bersih dan Tertutup

adalah letakkan makanan tersebut di tempat yang bersih dan tertutup.

Tempat yang bersih dan tertutup tersebut berguna untuk mencegah makanan terkontaminasi dengan mikroorganisme yang bisa menyebabkan kualitas menjadi menurun.

  • Hindarkan dari Sinar Matahari

Merawat makanan kucing selanjutnya adalah hindarkan dari sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari tersebut bisa menyebabkan makanan kucing mengalami kerusakan sehingga tidak layak diberikan kepada kucing kembali karena sudah tidak memenuhi standar keamanan makanan.

  • Simpan di Kulkas

Cara menyimpan makanan Kucing Anggora yang benar adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas.

Kulkas bisa mencegah makanan dari mikroorganisme dan bakteri yang  bisa menyebabkan pembusukan makanan. Yang harus diperhatikan di sini adalah jangan sampai Anda mencampurkan makanan tersebut dengan makanan Anda.

4)      Pemberian Obat Cacing

Cara merawat kucing angora yang ke 4 adalah Pemberian Obat Cacing,  Obat cacing tidak hanya untuk manusia saja, namun obat cacing tersebut juga harus diberikan ke Kucing Anggora Anda.

Setidaknya 2 sampai dengan 4 kali di dalam setahun Anda harus memberikan obat cacing ini terlebih lagi jika Kucing Anggora peliharaan Anda suka bermain di luar rumah.

Pasir dan tanah bisa membuat kucing Anda terkena cacingan.

Agar tidak salah dalam memberikan obat cacing ini, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan langganan Anda.

5)      Membersihkan Kandang

Agar kesehatan kucing anggora tetap terjaga sebaiknya Anda selalu membersihkan kandang dan mencuci kandang kucing secara teratur.

Membersihkan kandang kucing dari kotoran kucing bisa Anda lakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu setiap pagi dan sore.

Sedangkan pencucian kandang bisa dilakukan selama seminggu sekali.

Kandang yang terlau kotor bisa menyebabkan kucing mengalami gangguan pernapasan.

6)      Jemur Kandang Kucing

Setelah Kandang di cuci, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menjemurnya di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Kandang yang tidak dijemur di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kandang tersebut menjadi lembap dan ditumbuhi jamur.

Ketika kandang kucing sudah benar-benar kering langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyemprotkan cairan desinfektan agar kandang kucing benar-benar steril.

  • Pemberian Vaksin

Setiap kucing pasti membutuhkan vaksin.

 Vaksin tersebut bisa digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Selama ini pecinta kucing hanya berpikir bagaimana cara menggemukkan kucing tapi yang gemuk belum tentu sehat. Oleh sebab itu agar kesehatan selalu terjaga jangan lupa berikan vaksin pada kucing peliharaan Anda.

 Jika tidak mudah sakit, Anda akan menghemat biaya perawatan yang mana jika kucing sakit bisa dipastikan bahwa biaya pengobatannya juga mahal.

Vaksin yang diberikan ke Kucing Anggora ini adalah vaksin herpes, vaksin leukemia dan juga vaksin rabies.

Daya tahan kucing akan melemah jika kucing tersebut tidak diberikan vaksin, apalagi jika kucing tersebut terkena rabies maka manusia bisa tertular.

Merawat Kucing Anggora harus sepenuh hati dan jangan setengah hati. Kucing adalah makhluk hidup yang harus dijaga dan juga disayangi.

Jangan sampai karena cara merawat Kucing Anggora yang salah, nyawa kucing tersebut jadi taruhannya.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Cara merawat Kucing Anggora, ini Tips Praktisnya untuk anda!! Semoga Bermanfaat….

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara merawat Kucing Anggora, ini Tips Praktisnya untuk anda!!"

Tinggalkan pesan "Cara merawat Kucing Anggora, ini Tips Praktisnya untuk anda!!"