Budidaya
Feb29

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

0 komentar

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

Sahabat NuansaTani.Com Tanaman Seledri bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, yang terpenting suhu lingkungan harus sesuai sebesar 7—16°C. 

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

Menanam seledri bisa ditanam di tempat yang lembap dan subur. Tanah yang baik merupakan tanah subur dan gembur dengan pH 5,5—6,8.

Seledri sering digunakan dalam resep masakan dan sangat bermanfaat jika ditanam sendiri di rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, seledri juga bisa diracik menjadi obat herbal sebagai obat alternatif.

Tanaman seledri memiliki tiga golongan, yaitu :

  • Seledri daun yang dipanen daun atau batangnya saja,
  • Selederi potong yang dipanen batangnya saja, dan
  • Seledri berumbi.

Seledri bisa dikembangbiakkan dari biji dan pangkal batang yang masih memiliki akar.

Biji seledri yang akan digunakan harus direndam ke dalam air bersuhu 50°C selama 15 menit untuk merangsang perkecambahan benih menjadi lebih cepat.

Penyemaian benih dilakukan pada wadah plastik datar dengan media tanam berupa campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Media tanam penyemaian harus terus dijaga kelembapannya dengan menyimpan wadah di tempat yang ternaungi dari sinar matahari dan embusan angin.

Penyiraman harus dilakukan pada saat benih sudah tampak kering dan harus dilakukan rutin hingga benih berkecambah.

Setelah dua minggu disemai, bibit dipindahkan ke pot/Polybag diameter 20 cm dengan media tanam yang sama seperti media persemaian. ( 1 : 1 Tanah dan Pupuk Organik )

Berikan juga Pupuk organik / pupuk kandang ( Sapi, Kambing, Kelinci ) untuk menjaga ketersediaan unsur hara guna menunjang pertumbuhan tanaman.

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!

Pupuk dapat diberikan setiap 10 hari sekali berupa pupuk organik 2 genggam tangan atau pupuk NPK Biru mutiara 1 sendok ( Pilih salahsatu ) untuk tiap 10 hari selanjutnya lihat kondisi tanaman.

Gunakan pestisida nabati yang bisa Anda buat sendiri dari rempah-rempah untuk melindungi tanaman dari hama dan penyakit. Daun yang terkena hama harus segera dipotong dan dibuang.

Menanam seledri bisa dilakukan secara vertikultur.

Pada sistem ini sebaiknya letakkan seledri di tempat paling bawah karena seledri merupakan tumbuhan yang senang kelembapan dan kurang suka cahaya matahari langsung.

Sementara, seledri yang ditanam dalam pot sebaiknya letakkan pot di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman seledri sudah bisa dipanen setelah berumur 6—8 minggu. Tanaman dipanen dengan cara memotong bagian pangkal batang tepat di atas akar.

Panen bagian daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda juga.

Baca juga :

Sekian Catatan NuansaTani.com kali Ini, Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !! Semoga Bermanfaat !

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!"

Tinggalkan pesan "Cara Menanam Seledri Sendiri di Rumah dengan Mudah !!"