Budidaya
Nov30

Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai

0 komentar

Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai

Cabai adalah komoditas lokal yang sepertinya masih cukup menjanjikan hingga saat ini. Selama ini, tanaman cabai yang diusahakan oleh petani rata-rata memiliki umur tanam selama 6 bulan dalam setiap periode tanamnya.

Dengan umur tersebut biasanya tanaman hanya bisa dipanen sebanyak 16 kali petikan atau paling banyak 20 kali.

Setelah itu, umumnya tanaman cabai mulai menunjukkan penurunan dalam produktivitasnya.

Persepsi tersebut mungkin saja benar, tetapi tidak seratus persen benar.

Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai

Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai

Ternyata, dengan menggunakan teknologi budidaya yang tepat serta pengalaman cara bertanam yang baik, tanaman cabai dapat diperpanjang umur produktifnya hingga 18 bulan lebih dengan masa pembungaan dan produksi secara terus menerus tanpa henti.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat kondisi tanaman cabai agar umur produktivitasnya menjadi lebih panjang? Berikut adalah cara-caranya :

Menjaga kebersihan lingkungan tanaman

Kerbersihan lingkungan di sini penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman cabai. Yang perlu dilakukan adalah melakukan penyiangan secara rutin.

Rumput yang mulai tumbuh pada bedengan cabai ataupun pada sela-sela plastik mulsa perlu dengan segera dilakukan penyiangan.

Jangan menunggu sampai rumput pengangu tanaman cabai menjadi besar, karena semakin besar rumput akan semakin dalam akarnya dan bisa sangat mengangu akar cabai.

Selain itu, keberadaan rumput atau gulma tersebut juga dapat mengganggu penyerapan pupuk dan juga menyebabkan meningkatnya serangan hama dan penyakit.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, apabila terlihat air yang menggenang di atas mulsa, maka harus segera dikeringkan dan dibersihkan agar tidak menjadi sarang penyakit dan juga agar plastik mulsa juga bisa bertahan lebih lama.

Pemupukan teratur

Pemupukan cabai harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Jangan sampai menunggu tanaman cabai menjadi kurus dan terlihat kurang hijau dulu baru dilakukan pemupukan.

Umumnya, waktu yang tepat untuk memupuk cabai adalah setiap 10 hari sekali, ketika tanaman cabai mulai dapat dipanen.

Pemupukan dilakukan dengan cara pengocoran dengan dosis pemupukan yang tentunya sudah disesuaikan dengan jenis pupuk, usia tanaman dan juga kondisi lingkungannya.

Penggunaan pupuk kimia yang terlalu banyak memang membuat tanaman cabai cepat berbuah, akan tetapi hal ini juga memiliki efek yang kurang baik karena tanaman menjadi cenderung terlalu cepat tua.

Oleh karenanya, penggunaan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos sangat disarankan untuk digunakan jika ingin memperpanjang umur tanaman cabai tersebut.

Alternatif lainnya adalah, menggunakan pupuk kandang dan pupuk kimia secara bergantian untuk membantu tanaman cabai agar memperoleh hasil optimal dan usia tanaman yang lebih panjang.

Penggunaan pestisida dengan tepat

Untuk penyemprotan pestisida pada cabai lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar.

Untuk cabai yang sudah mulai rutin panen seminggu 2x, hindari penyemprotan menggunakan campuran perekat pestisida atau yang biasa disebut dengan LEM.

Baca Juga :

Prinsip 6 Tepat Penggunaan Pestisida

Tips Sukses Menanam dan Budidaya Cabai Rawit di Pot dan Polybag agar Berbuah Lebat

Hal ini tentunya kurang bijak karena LEM membuat bahan pestisida melekat lama pada tanaman dan buah apalagi jika memasuki musim kemarau.

Penyemrotan juga sebaiknya disesuaikan dengan siklus panen, misalnya bagian yang baru dipanen lebih baik disemprot terlebih dulu, karena masa panen juga masih relatif panjang.

Kecuali jika memang cabe terserang hama penyakit, maka penyemprotan secara menyeluruh adalah pilihan yang harus dilakukan.

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai, Semogga Bermanfaat !!

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai"

Tinggalkan pesan "Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai"