Perikanan
Sep11

Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !

0 komentar

Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !

Sahabat NuansaTani.Com, khusus buat para Angler nih guys, Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang banyak di konsumsi.

Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia, sekarang ikan ini banyak tersebar di setiap sungai dan danau Indonesia.

Naah..Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk para penghobi mancing, untuk biasa menaklukan ikan  tersebut.

Yups..jika kita mendapatkannya dapat menjadi menu makanan tambahan di rumah, untuk mendapatkan ikan nila tersebut kita perlu umpan ikan nila yang jitu dan ampuh, salah satunya dengan membuat umpan ikan nila yang berbahan dasar pellet.

Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !

Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !

 

Memancing ikan nila dengan pelet biasanya dilakukan di kolam atau sungai. Untuk pelet bisa memakai pelet serbuk atau pelet yang dalam bentuk bundar kecil.

Untuk memancing, pelet sebelumnya harus diolah dulu agar terlihat dan kenyal. Hal ini untuk mempermudah ketika dipasang di kail nantinya.

Pengolahan pelet untuk memancing cukup mudah dan gak perlu campuran apa-apa, karena pelet sendiri baunya sudah cukup menggoda nila.

Cara pembuatan umpan pelet:

  • Untuk pelet dalam bentuk serbuk pembuatannya cukup mudah. Campurkan pelet dengan air secukupnya, kemudian remas-remas hingga dirasa cukup kenyal dan tidak mudah hancur jika terkena air.
  • Untuk pelet dalam bentuk bulatan cara pembuatannya adalah masukkan pelet ke dalam air panas kurang lebih 1 menit, hingga pelet sudah sedikit mengembang, kemudian tiriskan. Setelah itu diamkan sejenak sampai pelet akan mengembang. Setelah mengembang remas pelet hingga menjadi liat atau mudah dibentuk.

Cara pemasangan umpan pelet:

Ambilah pelet yang sudah liat secukupnya, buatlah bulatan kecil dan pasanglah pada kail hingga kail tertutup pelet.

Jika Anda memancing disungai sebaiknya buatlah bulatan2 yang agak besar, hal ini dikarenakan disungai biasanya banyak ikan2 kecil.

Umumnya pelet sangat disukai oleh ikan-ikan kecil, seperti wader, sedaker, uceng, dll. Jadi, ketika diserang ikan-ikan kecil seperti ini pelet tidak mudah habis.

Biasanya ikan nila tertarik mendekat bila melihat kumpulan ikan kecil berebut makanan. Jadi ketika pancing terasa ada tarikan kuat, segera tarik pancing.

Baca Juga : 6 Resep Umpan Ikan Nila, paling Ampuh, Resep Para Juara Strike !!

Sekian Catatan NuansaTani.Com Kali Ini, Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah ! Selamat Mencoba..

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !"

Tinggalkan pesan "Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet Praktis dan Mudah !"