Info Praktis
Sep15

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

0 komentar

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Sahabat NuansaTani.com Gagasan untuk pengelolaan sampah menjadi sesuatu yang lebih bernilai sudah ada sejak lama. Salah satu nya membuat pupuk kompos secara mandiri dari sampah organik. Namun pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara membuat pupuk kompos dari sampah organik?

Sebenarnya cara membuat pupuk kompos dari sampah organik Tidaklah rumit, bahkan bisa dilakukan kapan saja, oleh siapa saja, dan dimana saja.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Cara Membuat Pupuk Kompos

Kendala yang terjadi di lapangan, masih ada masyarakat yang bingung membedakan antara sampah organik dan sampah anorganik.

Disamping itu, informasi yang disampaikan masih separuh-separuh sehingga dalam praktek pengolahan sampah organik menjadi kompos tidak berjalan dengan optimal.

Untuk membantu para pembaca sekalian, berikut akan kami jelaskan secara detail mengenai sampah organik, dan bahan-bahan apa saja yang bisa dijadikan pupuk kompos.

Pengenalan Sampah Organik

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Sampah organik dapat diidentifikasikan sebagai sampah yang bersifat alami, berasal dari tumbuh-tumbuhan atau hewan.

Contohnya adalah sampah daun yang berguguran atau telah dipangkas, sisa pertanian, atau juga sisa sayur-sayuran. Bahan-bahan tersebutlah yang akan kita kelola untuk dijadikan pupuk kompos.

Sedangkan sampah anorganik meliputi sampah yang membutuhkan proses panjang untuk diuraikan. Contohnya plastik, botol bekas, karet, seng, besi, dan lain sebagainya.

Sampah-sampah anorganik ini pun layaknya tidak langsung dibuang, tetapi disalurkan ke tempat pengolahan sampah terpadu, semisal Bank Sampah yang keberadaannya udah menjamur di lingkungan warga.

Jika di daerah tempat tingga Anda belum ada bank sampah, maka langkah yang bisa Anda ambil adalah dengan mendaur ulangnya menjadi bahan-bahan kerajinan

Dengan pengenalan akan dua jenis sampah ini, maka kita dapat memilah-milah terlebih dahulu sampah tersebut, pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, lalu proses sesuai dengan kriterianya. Kesadaran akan pengolahan sampah secara mandiri inilah yang akan meningkatkan kesejahteraan lingkungan kita.

bagaimana cara membuat pupuk kompos dari sampah organik? penjelasan lengkapnya silahkan disimak di bawah ini.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik

Pembuatan pupuk kompos dari sampah organik ini bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok, Namun dengan mengerjakannya secara kelompok akan memberi nilai lebih.

Selain dapat memberdayakan masayrakat sekitar, membuat pupuk kompos secara berkelompok juga menjanjikan hasil yang lebih banyak, karena sampah organik yang didapat pun lebih banyak dibanding jika kita mengumpulkan sendiri.

Persiapan alat dan bahan:

  • Daun yang gugur atau yang sudah dipangkas
  • Sisa sayuran
  • Rumput atau jerami dan sisa pertanian lainnya
  • Kotoran sapi, kambing/ ayam
  • Larutan gula sebanyak min. 100 ml
  • Bakteri EM4 sebanyak 10 ml
  • Wadah penampungan berpenutup

Cara pengolahan sampah organik :

  • Potong atau cacah terlebih dahulu bahan-bahan/ sampah organik yang sudah Anda persiapkan.
  • Campur bahan-bahan yang sudah dicacah tersebut dengan pupuk kandang, baik itu kotoran sapi,kambing, maupun ayam, komposisinya adalah 3 : 1.
  • Siapkan 100 ml atau setara dengan setengah gelas larutan gula.
  • Siapkan pula bakteri EM4 yang bisa Anda beli di toko-toko pertanian. Jumlah pemberian dapat dilihat pada kemasan atau menyesuaikan banyaknya bahan yang akan diolah..
  • Campur semua bahan, termasuk larutan gula dan bakteri EM4, aduk-aduk hingga bahan tersebut tercampur rata. Periksa kelembapan bahan-bahan di atas, jika dirasa kurang lembab, maka Anda dapat menambahkan sedikit air.
  • Bahan pupuk kompos yang sudah tercampur rata dapat segera dimasukkan ke dalam wadah penampungan. Anda bisa mengandalkan ember, tong, atau karung besar. Jangan lupa untuk menutup dengan rapat wadah penampungan tersebut.
  • Proses pengomposan dikatakan berhasil apabila suhu di dalam wadah penampungan tersebut terasa panas.
  • Proses ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 – 3 bulan. Anda dapat membuka tutup wadah penampungan selama 2 minggu berselang dan mengaduk-aduk kembali bahan agar proses berlangsung lebih cepat.
  • Pupuk kompos yang sudah matang memiliki ciri-ciri berwarna kehitaman, tidak lagi berbau, serta uap panasnya telah hilang.
  • Jika sudah ada tanda-tanda yang demikian, maka pupuk kompos Anda sudah siap digunakan untuk memberi nutrisi segala tanaman.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya pembuatan pupuk kompos dari sampah organik ini dilakuakn secara kontinyu. Dengan demikian, manfaatnya akan lebih terasa.

Bagaimana cara membuat pupuk kompos dari sampah organik? Ternyata sangat mudah, simple, dan tidak butuh tenaga yang besar.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )

Terlebih untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan tidak butuh banyak biaya, siapa sangka pula dari proyek iseng-iseng ini, malah dapat menambah pemasukan bagi Anda dan lingkungan sekitar.

Manfaat dari pupuk kompos sendiri sangatlah beragam, diantarnya, sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah dan tumbuhan, mengikat air di dalam tanah, dan juga sebagai pestisida alami.

Mari kita mulai membudayakan pengolahan sampah di sekitar kita. Karena dengan pesatnya arus informasi, kini kita dapat mengetahui berbagai manfaat serta sisi lain dari sampah.

Jika dahulu sampah dikenal sebagai hal yang menyebalkan dan kerap dihindari, maka sekarang sampah bisa disulap menjadi sesuatu yang bernilai jual.

Mengolah sampah secara mandiri juga dapat memberi dampak positif pada lingkungan sekitar. Lingkungan menjadi lebih asri, terawat, dan yang lebih penting adalah kita terbebas dari berbagai macam penyakit yang sumbernya berasal dari sampah yang berserakan.

Sekian Catatan NuansaTani.com kali ini, Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap ) Selamat Mencoba..

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )"

Tinggalkan pesan "Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik ( Panduan Lengkap )"