Budidaya
Agu22

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

0 komentar

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Sahabat NuansaTani.com Cara budidaya kurma di Indonesia memang bukanlah hal yang mudah. Banyak pembudidaya yang telah berusaha untuk menanam kurma, namun hasilnya tidak berhasil. Akan tetapi bukan berarti tanaman kurma mustahil ditanam di Indonesia.

Pada Tahun 2000-an sudah mulai banyak pembudidaya yang penasaran dan berhasil menanam kurma hingga bisa panen.

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Buah kurma,bukan buah yang asing bagi masyarakat indonesia. Terlebih pada saat menjelang Bulan Ramadhan. Atau Pada saat musim haji, buah ini kerap dijadikan buah tangan spesial dari Timur Tengah.

Eksklusivitas buah kurma kini sudah sedikit bergeser, karena kini terdapat varietas tanaman ini yang mampu ditanam di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Buah kurma yang santer diperbincangkan tersebut adalah Kurma Tropis KL 1.

Kurma tropis KL 1 mampu menghasilkan buah yang banyak serta memiliki usia berbuah yang lebih cepat dibandingkan tumbuhan kurma biasanya.

Kurma tropis KL 1 adalah varietas baru buah kurma yang merupakan hasil persilangan antara kurma verietas Barhee dengan Deglet Nour.

Tanaman pohon kurma tropis ini bisa tumbuh optimal di daerah tropis dg ketinggian 400 mdpl dengan curah hujan 1500 mm pertahun dengan suhu 32-35 0C.

Pohon kurma Tropis KL 1 mulai masa produktif pada umur 3 tahunan, dengan hasil buah yang terbilang cukup banyak.

Satu pohon kurma tropis mampu menghasilkan 5-10 tandan buah kurma dengan berat pertandan mencapai 5-10 kg.

Kultivar pohon kurma lain yang cocok di tanam di Indonesia dan dapat menghasilkan buah adalah Ajwa, Lulu, Amir dan Nabi.

Beberapa tempat di Indonesia yang sudah terdapat pohon kurma berbuah adalah di daerah Bangka, Lampung, Bekasi, Sumatera Utara, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat, dan satu lagi di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Begini beberapa tahap budi daya kurma agar berhasil ditanam di Indonesia.

Persiapan Biji Kurma

Biji kurma yang telah disiapkan sebelumnya, dibersihkan dari sisa-sisa daging buah. Cara ini dilakukan untuk memperoleh persentasi daya kecambah yang tinggi.

Sisa-sisa daging buah yang menempel pada biji dapat menimbulkan tumbuhnya jamur, atau dapat mengundang semut dan kutu putih untuk memakan serta merusak biji sebelum berkecambah.

Cara terbaik untuk membersihkan biji kurma dari sisa-sisa daging buah adalah dengan mencucinya menggunakan air dan pasir halus, hingga kondisi biji benar-benar bersih dari sisa-sisa daging buah.

Setelah biji kurma dicuci bersih, biji direndam air sumur/mineral hingga 5 x 24 jam. Air untuk merendam biji kurma setiap 24 jam sekali harus diganti dengan air yang baru.

Untuk mempercepat proses perkecambahan biji kurma, perendaman hari ke 4 sebaiknya menggunakan campuran air dan ZPT sesuai takaran.

Persemaian Biji Kurma

Biji kurma dapat dikecambahkan langsung di tanah menggunakan campuran cocopeat dan pasir atau bisa dengan tissue basah.

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Proses perkecambahan biasanya membutuhkan waktu 2-4 minggu, setelah tumbuh dengan panjang akar 5-10 cm baru di pindah ke media tanaman.

Media Tanam Kurma

Campuran media tanam untuk bibit kurma sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang memiliki porositas bagus, artinya media untuk menanam bibit kurma ketika disiram maka air langsung turun keseluruhan.

Campuran media tanam menggunakan pasir, kompos (bokashi), cocopeat atau arang sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Penanaman

  • Sediakan lahan dengan jarak 7×7 meter dengan Lubang tanam dibuat lebar 1m, panjang 1m dan kedalaman 60cm
  • Diamkan lubang yang telah disiapkan selama kurang lebih tiga hari agar disinari matahari
  • 1 minggu kemudian masukkan media tanam berupa campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, yang penting porous atau mudah meresap air. Selain itu agar lebih maksimal, juga ditambah kapur dolomit untuk mengantisispasi jamur. Tutup lubang tanam tadi dengan media tanam sampai penuh.
  • Untuk setiap 25 batang pohon kurma betina, tanam satu pohon kurma jantan.

Penyiraman

  • Tanaman umur 1-6 bulan pascatanam, lakukan penyiraman setiap 2 hari. Sementara tanaman berumur 7-12 bulan disiram setiap 4 hari. Adapun pada tanaman dewasa, penyiraman dilakukan setiap pekan.
  • Penyiraman dilakukan pagi hari atau sore hari. Jika penyiraman dilakukan saat siang hari dan mengenai daun, dapat mengakibatkan daun terbakar.
  • Untuk hasil maksimal penyiraman dengan menambahkan bioaktivator setiap 2 pekan dengan konsentrasi 10 ml per 3 liter air. Lalu menyemprotkan satu liter larutan bioaktivator ke seluruh permukaan daun kurma. Selain itu juga menyiramkan 2 liter larutan bioaktivator atau pupuk cair ke tanah tempat tumbuh kurma.

Pemupukan

Tahap pemupukan dibagi jadi dua yakni pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk dasar yang digunakan berupa campuran pupuk kandang, tanah, dan sekam ditaburkan ke dalam lubang tanam sebelum bibit ditanam.

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Sementara pupuk susulan diberikan pada pertumbuhan tanaman. Pemupupukan susulan menggunakan pupuk NPK yang dilakukan 3 kali dalam setahun sebagai berikut:

  1. Pertama: Fase vegetatif, dengan memberikan 1 kg pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 15:15:15.
  2. Kedua: memberikan 50 kg pupuk kandang ayam dan 30 kg kandang sapi pada tiap-tiap tumbuhan betina. Sementara terhadap tumbuhan jantan cuma 20 kg kandang sapi.
  3. Ketiga: memberikan 1 kg pupuk NPK seimbang, kadarnya lebih tinggi yaitu 24:24:24

Tahap Pembuahan

Setelah pohon kurma berbunga, baru akan kelihatan mana pohon kurma jantan dan betina. Bunga jantan cendrung putih, kelopak bunganya putih dan kecil-kecil mengandung seperti tepung. Kalau betina hampir seperti bunga kelapa ada pentol.

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Pohon kurma betina harus dibuahi oleh bibit jantan dengan cara manual, yakni dengan memotong kulit mayang pohon kurma jantan. cukup dengan memotong ujung kulit mayangnya.

Setelah di potong, kemudian diserbukkan bunga jantan ke bunga betina. dengan cara mengambil bunga jantan, kemudian diselipkan diantara bunga betina sambil diikat selama satu sampai dua hari.

Perlu dilakukan penjarangan dengan memangkas buah yang terlalu kecil dan menyisakan buah yang besar, agar buah yang sudah berukuran besar dapat tumbuh dengan bagus dan menjadi lebih besar.

Sebaiknya dilakukan pula pembungkusan buah agar mengoptimalkan hasil. Fungsi poembungkusan dimaksudkan untuk menghindari hujan dengan intensitas tinggi dan terhindar dari serangan hama.

Pembungkusan tandan buah kurma dapat dilakukan dengan membungkur tandan sejumlah tiga lapis.

Tahap Panen

Jika pohon kurma sudah mulai berbuah sebaiknya lakukan pembungkusan agar mengoptimalkan hasil dan terhindar dari hujan dan terhindar dari serangan hama. Pembungkusan tandan buah kurma dapat dilakukan dengan membungkus tandan sejumlah 3 lapis.

Lapis pertama berupa plastik tranparan guna menghalangi air hujan merembes ke dalam tandan.

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!

Sementara lapis ke-2 dan ke-3 masing-masing berupa jaring plastik dan kertas bermanfaat untuk melindungi buah dari serangan burung dan serangga.

Sekian Catatan NuansaTani.com Kali Ini, Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !! Selamat Mencoba !!

Referensi:

portalsatu.com

pusatkurmatropis.com

jualbenihmurah.com

bibitbuahku.com

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!"

Tinggalkan pesan "Cara Budidaya Kurma di Indonesia, yang Harus anda ketahui !!"